Home > Umum

Jorge Martin Sial, Franceso Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023

Franceso Bagnaia sendiri memulai balapan dari posisi keenam dan ini merupakan kemenangan pertama yang diraih Bagnaia di Sirkuit Mandalika.

MOTORESTO.ID, MANDALIKA--Panasnya suhu udara Mandalika yang mencapai 33 derajat celcius juga mempengaruhi sengitnya pertarungan penguasa papan atas MotoGP 2023. Begitu lampu hijau menyala, Jorge Martin langsung tancap gas

Tiga pembalap, Bagnaia, Vinales dan Quartararo, beberapa lap terakhir ketiganya melesat meninggalkan pembalap lainnya.

Ambisi Jorge Martin meraih posium pertama pada Pertamina Grand Prix Indonesia MotoGP pupus sudah. Setelah melaju di putaran ke-12 terpeleset karena tidak dapat mengendalikan laju  sepeda motornya. Pembalap Prima Paramac racing ini akhirnya harus puas menjadi penonton di tepi sirkuit menyaksikan rekannya menyelesaikan lomba bergengsi tersebut, Minggu (15/10).

Pada sesi kualifikasi Martin sempat memimpin dalam pengumpulan waktu tercepat dan menempati di posisi pertama start. Musibah ini tentunya sangat mengecewakan karena Marc Marques (Honda Repsol) juga mengalami nasib sama tidak bisa melanjutkan lomba karena terjatuh dari sepeda motornya.

Sebelum lomba dimulai pembalap asal Spanyol ini mengakui persaingan ketat di lintasan balap. "Ini balapan yang sulit tapi akan berusaha yang terbaik," kata Marquez.

Terjatuh, Pol Espargaro (Gasgas Factory Racing Tech 3) terjatuh di lap ke-25 karena tersenggol dengan pembalap lainnya, Luca Marini (Mooney 46VR Racing team) jatuh di lap ke- 25 keduanya tersenggol dengan pembalap lainnya dan terjatuh di lap ke-25.

Posisi Franceso Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) berhasil digeser Jorge Martin (Prima Pramac Racing) pada sesi kualifikasi Sabtu (14/10). Persaingan ketat keduanya terjadi karena hanyaterpaut tujuh poin.

Tim balap Mooney VR46 beruntung berhasil menempatkan dua pembalap andalannya, Luca Marini (Tim Balap Mooney VR46) yang menempati posisi start kedua juga tampil memukau setelah pulih dari cedera. Rekan setim Marini, Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) juga menempel ketat di urutan start ke-3.

Menurut laman resmi MotoGP, Keadaan kini telah berubah ketika tongkat estafet kejuaraan 2023 telah direnggut dari genggaman Franceso Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) menyusul penampilan sempurna satu inci lainnya dari Jorge Martin (Prima Pramac Racing).

Pembalap Spanyol itu berjuang untuk lolos dari posisi ke-6 di grid dan meraih kemenangan Sprint keempatnya secara berturut-turut dan mengukuhkan dirinya sebagai anjing teratas dengan Ducati yang meraih gelar konstruktor 2023.

Luca Marini (Tim Balap Mooney VR46) tampil heroik untuk menempati posisi ke-2 sekembalinya dari cedera. Pembalap Italia itu bersaing hingga akhir ketika kesalahan kecil memaksanya harus puas di P2.

Rekan setimnya Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) juga sedang menjalani perawatan cedera tulang selangka baru-baru ini dan berada dalam kondisi yang baik serta ia bergabung dengan Marini di posisi tiga besar setelah menunjukkan keberanian yang sangat mengesankan di Mandalika.

Bagnaia Juarai GP Mandalika 2023


Franceso Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) berhasil finish diurutan pertama disusul Maverick Vinales (Aprilia Racing)dan Fabio Quortararo (Monster Energy Yamaha MotoGP.

Franceso Bagnaia sendiri memulai balapan dari posisi keenam dan ini merupakan kemenangan pertama yang diraih Bagnaia di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Tambahan 25 poin membuat Bagnaia kembali unggul dari Jorge Martin, dengan berhasil menduduki posisi pertama dengan nilai 344 poin. " Tekanan akan selalu ada kami berupaya mengatasinya," katanya

× Image