Home > Umum

Bidik Pasar Milenial, PT HPM Gadeng Telkom Ciptakan Honda MetaWorld

Pengguna platform metaNesia sebagian besar merupakan anak-anak muda yang disebut sebagai Gen-Z. Segmen yang berada di rentang usia antara 9-24 tahun ini juga merupakan salah satu populasi terbesar di Indonesia,

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Gaya hidup Gen Z yang akrab dengan teknologi digital dan memiliki daya beli tinggi menjadi peluang bisnis bagi PT Honda Prospect Motor (HPM). Melalui Honda MetaWorld, sebuah platform dunia virtual (metaverse) HPM mulai serius membidik kaum milenial ini sebagai target pasarnya.

Selama ini Gen Z termasuk kategori konsumen first time buyer. Hal itu sejalan dengan Honda Brio yang banyak diminati kaum milenial tersebut. Brio sendiri mendominasi sekitar 50 persen dari total penjualan produk Honda. "Penjualan Brio adalah yang tertinggi bagi produk Honda di Indonesia dan 70 persen pembelinya adalah first time buyer kalangan milenial," kata Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor, Rabu (8/2).

Dalam mengembangkan MetaWorld, PT HPM berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia Tbk berkolaborasi untuk mengembangkan Honda MetaWorld. Kolaborasi ini merupakan bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan Telkom Indonesia sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia.

[caption id="attachment_2708" align="alignnone" width="775"] Honda Brio menjadi primadona pennjualan produk bagi HPM. dok HPM[/caption]

Honda pertama kali hadir di metaNesia pada tahun 2022 lalu. Sekaligus menempatkannya sebagai ATPM pertama di Indonesia yang hadir di metaverse. Berbeda dengan konsep showroom mobil yang dihadirkan pada dunia virtual Honda sebelumnya, Honda MetaWorld yang diperkenalkan di tahun 2023 ini menampilkan konsep kota Honda dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya. Fitur yang lebih atraktif, teknologi yang lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.

Gen Z juga dinilai aktif menggunakan berbagai informasi di sosial media khususnya dalam memenuhi kebutuhan informasi. Mereka yang aktif adalah kelas menengah ke atas, jumlah mereka akan bertambah terus dan menjadi pelanggan potensial ke depannya. "Mereka suka entertainment, permainan khas anak muda dan fasilitas lainnya yang mereka butuhkan," kata Yulian.

David Cuh Sihotang selaku Product Manager Telkom Indonesia mengatakan, "Dukungan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda, dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse."

Pengguna platform metaNesia sebagian besar merupakan anak-anak muda yang disebut sebagai Gen-Z. Segmen yang berada di rentang usia antara 9-24 tahun ini juga merupakan salah satu populasi terbesar di Indonesia, serta mempunyai karakteristik yang sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Bagi Honda, segmen ini juga merupakan salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan di masa depan.

× Image