Home > Mobil

Honda Gelontorkan Dana Rp11 Miliar Untuk Bangun Pabrik Mobil Listrik di Kanada

Honda melakukan investasi terbesar dalam industri otomotif Kanada

MOTORESTO.ID, KANADA -- Honda mengumumkan rencana ambisius untuk melanjutkan ekspansi kendaraan listriknya di Amerika Utara dengan langkah strategis ke utara perbatasan. Dalam pengumuman resmi pada hari Kamis, produsen mobil Jepang tersebut mengungkapkan rencana investasi sebesar CA$15 miliar (sekitar US$11 miliar) untuk membangun pabrik kendaraan listrik dan baterai di provinsi Ontario, Kanada.

Pabrik baru tersebut direncanakan akan dibangun di dekat fasilitas manufaktur Honda yang sudah ada di Alliston, Ontario, sekitar 62 mil (100 km) utara Toronto. Pabrik kendaraan listrik akan memiliki kapasitas tahunan sebesar 36 GWh, sementara pabrik perakitan akan mampu memproduksi 240.000 kendaraan listrik per tahun mulai tahun 2028.

Selain itu, Honda juga berencana untuk membangun pabrik pengolahan bahan aktif katoda dan prekursor serta pabrik pemisah, dengan dukungan mitra usaha patungan POSCO Future M Co., Ltd. dan Asahi Kasei. Honda masih dalam proses negosiasi dengan mitra-mitra tersebut untuk menentukan lokasi dan detail lainnya terkait fasilitas ini.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyambut baik langkah besar Honda ini, menyebutnya sebagai "investasi otomotif terbesar dalam sejarah Kanada." Pemerintah federal Kanada yakin bahwa kesepakatan ini akan membentuk "rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama di Kanada."

Langkah Honda ini merupakan bagian dari rencana jangka panjangnya untuk mengadopsi kendaraan listrik. Perusahaan menargetkan bahwa kendaraan listrik dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen akan menyumbang 100% dari penjualan mereka pada tahun 2040. Pada tahun 2050, Honda bertujuan untuk menjadi netral karbon di seluruh aktivitas bisnisnya.

“Menyusul inisiatif untuk membangun kemampuan sistem produksi kendaraan listrik kami di AS, kami sekarang akan memulai diskusi formal menuju pembentukan rantai nilai kendaraan listrik yang komprehensif di Kanada, dengan dukungan dari pemerintah Kanada dan Ontario,” kata Toshihiro Mibe, CEO Honda.

× Image