Home > Gaya Hidup

Persiapan Arus Balik Lebaran, Apa Saja yang Wajib Diperhatikan ?

Persiapan matang wajib dilakukan agar saat kembali dari mudik lebaran berjalan aman dan lancar
Berkendara seperti di jalan tol membutuhkan konsentrasi prima karena pada umumnya kendaraan melaju dalam kecepata lebih tinggi dari jalan non tol.     dok Motoresto.id
Berkendara seperti di jalan tol membutuhkan konsentrasi prima karena pada umumnya kendaraan melaju dalam kecepata lebih tinggi dari jalan non tol. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Arus balik lebaran merupakan kondisi yang patut mendapat perhatian serius khususnya bagi para pemudik. Meski pemerintah telah memberi keringanan tenggang waktu lebih lama bagi pemudik untuk kembali ke rumah, namun persiapan matang wajib dibutuhkan agar perjalanan kembali berjalan lancar dan selamat.

Karena itu laman resmi Goodyear Indonesia berbagi tips penting bagi para pemudik untuk mempersiapkan diri sebelum mengukuti arus balik.

Tentukan Tanggal Arus Balik

Menentukan tanggal arus balik merupakan titik awal seseorang mempersiapkan segala hal. Penting untuk pengemudi menentukan tanggal yang tepat. Pengemudi dapat memantau berita yang ada di televisi, online, radio, dan lain terkait arus balik.

Langah ini penting untuk mengetahui perkiraan lonjakan pemudik yang akan kembali dari kampung halaman. Dengan memastikan tanggal yang dipilih sesuai, kesempatan pengemudi untuk melewati jalan yang tidak mengalami kemacetan akan lebih besar.

Persiapan fisik dan mental

Persiapan fisik dan mental saat arus balik penting untuk diperhatikan. Kondisi fisik dan mental berpengaruh besar terhadap kondisi psikis pengemudi. Dengan kondisi yang lebih prima, risiko perubahan emosi karena macet atau kelelahan akan lebih mudah untuk dihindari. Penting bagi pengemudi untuk istirahat yang cukup sebelum memulai arus balik. Manfaatkan rest area untuk beristirahat yang cukup agar kondisi fisik tetap bugar.

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Penting bagi pengemudi melakukan pengecekan kembali sebelum kembali dari kampung halaman. Mulai dari rem, oli, AC, sampai dengan ban. Sebagai bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, penting bagi pengemudi memastikan ban dalam kondisi yang baik. Cek kondisi telapak, kompon, dan tekanan angin ban dalam kondisi layak jalan. Saat menemukan keadaan ban yang mendekati tidak layak segera ganti ban agar perjalanan Anda tidak terganggu dan memperkecil risiko kecelakaan saat di perjalanan nanti.

Memasang GPS

Penggunaan GPS atau Global Positioning System saat mengemudi di arus balik terbukti sangat membantu pengemudi. Salah satu manfaat GPS dalam penentuan arah, dapat menjadi salah satu cara pengemudi dalam mencari jalan alternatif di tengah kemacetan saat arus balik terjadi. Ketahui berbagai manfaat dan keunggulan GPS di sini.

Hindari memainkan ponsel saat mengemudi

Menggunakan ponsel sambil mengemudi kendaraan bermotor sangat membahayakan diri sendiri dan kendaraan lain. Karena hal ini akan memaksa pengemudi membagi konsentrasi antara mengemudi dan melihat ponsel. Kondisi di jalan raya yang sangat dinamis dan dapat berubah dalam hitungan detik membutuhkan konsentrasi prima dari pengemudi. Konsentrasi yang tidak fokus dapat memicu terjadinya musibah yang tidak diinginkan.

Bawa barang secukupnya

Saat kembali dari kampung halaman, biasanya pemudik akan membawa barang lebih banyak dari saat berangkat untuk mudik. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak memaksakan membawa barang terlalu banyak pada kendaraan karena hal ini akan berpengaruh pada kinerja kendaraan yang digunakan. Kendaraan yang membawa beban yang lebih berat akan bekerja dua kali lebih keras dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM yang pengemudi gunakan.

Waspadai risiko kejahatan

Selalu waspada dan sigap saat mengemudi di jalan, karena kejahatan dapat terjadi setiap saat. Pastikan sebelum beristirahat kondisi mobil dalam keadaan terkunci dan barang bawaan dalam kondisi aman. Usahakan berkendara di siang hari dan saat malam tiba beristirahat ditempat yang aman seperti di tempat penginapanatau rest area yang disiapkan khusus bagi pemudik.

Berkendara di malam hari, apalagi menempuh rute yang jauh membutuhkan konsentrasi ekstra karena jarak pandang terbatas dan risiko silau lampu akibat terpapar dari kendaraan lawan arah yang dapat menyilaukan mata dan membahayakan pengendara lain.

× Image