Toyota Perkenalkan GR Supra RZ, Cuma 150 Unit

MOTORESTO.ID, JEPANG – Toyota Gazoo Racing resmi meluncurkan GR Supra RZ Grade terbaru dengan peningkatan performa serta edisi spesial "A90 Final Edition" mulai 21 Maret 2025. Model terbaru ini hadir dengan sistem pengereman yang lebih baik, bodi yang lebih kokoh, serta penyetelan suspensi yang telah disempurnakan untuk memberikan pengalaman berkendara optimal di berbagai kondisi jalan, baik di perkotaan maupun di sirkuit.
GR Supra RZ Grade terbaru mengalami sejumlah peningkatan, termasuk penggunaan rem Brembo 18 inci yang lebih besar, struktur bodi yang lebih rigid, serta suspensi yang telah disesuaikan demi meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara. Toyota juga menambahkan elemen aerodinamis baru seperti flap lengkungan roda depan dan spoiler belakang serat karbon Ducktail untuk meningkatkan downforce, sehingga mobil lebih stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi.
Selain versi standar, Toyota juga merilis "A90 Final Edition" sebagai edisi terbatas yang hanya tersedia dalam 150 unit di Jepang. Model ini menawarkan peningkatan tenaga dari 387 PS menjadi 441 PS serta peningkatan torsi dari 500 Nm menjadi 571 Nm. Selain itu, Toyota membekali mobil ini dengan sistem suspensi KW yang dapat disesuaikan, rem Brembo 19 inci, serta ban Michelin Pilot Sport Cup 2 yang dirancang untuk memberikan daya cengkeram lebih tinggi di lintasan.
"GR Supra baru lahir melalui pengujian di Nürburgring, dan sejujurnya saya dapat mengatakan bahwa mobil ini menyenangkan untuk dikendarai serta lebih baik dari sebelumnya," ujar Chairman Toyota, Akio Toyoda, saat peluncuran generasi terbaru Supra pada 2019.
Penjualan GR Supra RZ Grade terbaru serta pendaftaran undian untuk mendapatkan "A90 Final Edition" telah dimulai sejak 21 Maret 2025. Pemenang undian akan diumumkan pada 9 Mei 2025. Kedua model ini juga akan dipamerkan dalam ajang AUTOBACS SUPER GT Round 1 2025 di Sirkuit Internasional Okayama pada 12-13 April 2025.
Toyota Supra model RZ bukanlah nama baru dalam sejarah otomotif. Sebelumnya, Toyota telah memperkenalkan Supra RZ-S dengan kode mesin legendaris 2JZ-GTE pada tahun 1993. Pada versi Jepang, mesin ini menghasilkan tenaga 277 dk pada 5.600 rpm dengan torsi 431 Nm pada 3.600 rpm. Sementara untuk pasar Eropa dan Amerika, output tenaganya lebih besar, mencapai 326 dk pada 5.600 rpm dengan torsi 441 Nm pada 4.000 rpm.
Supra RZ-S menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 250 km/jam.