Home > Bisnis

GWM Pimpin Penjualan Global, Targetkan 500.000 Unit di 2024

Ekspansi dan Inovasi Menjadi Kunci Keberhasilan GWM di Pasar Internasional
Dok. GWM
Dok. GWM

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- GWM (Great Wall Motors) baru saja mencatatkan pencapaian mengesankan dengan pertumbuhan penjualan yang pesat di pasar luar Tiongkok. Pertumbuhan ini didorong oleh lini produk unggulan yang menunjukkan masa depan cerah atas strategi terdiferensiasi GWM untuk pasar global.

Penjualan GWM di luar Tiongkok dari Januari hingga Juni mencapai 201.500 unit, meningkat 62,59% dibandingkan tahun lalu. Pada bulan Juni saja, 38.104 unit telah terjual, mencetak rekor tertinggi dalam volume penjualan di luar Tiongkok dalam satu bulan. GWM juga diproyeksikan akan mencatat laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan (sekitar 14,3 hingga 16 triliun rupiah) untuk paruh pertama tahun 2024. Ini merupakan peningkatan sebesar 377,49% hingga 436,26% dibanding periode yang sama tahun lalu. Jika dikurangi non-recurring profit, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan (sekitar 11 hingga 13 triliun rupiah), naik 567,13% hingga 700,56%.

"GWM adalah pendukung globalisasi. Kami berkomitmen kuat terhadap pengembangan pasar luar negeri dalam jangka panjang. Pasar internasional adalah area yang luas, di mana perubahan di lingkup lokal tidak mampu mengubah arus besar globalisasi." kata Parker Shi, President GWM International.

Dok. GWM
Dok. GWM

Untuk menjalankan strategi pengembangan global yang berkelanjutan, GWM secara aktif mendorong pembangunan "lokalisasi kapasitas produksi." Mereka bertransformasi dari pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, membentuk pola produksi lokal 1+3+N (Chinese factory, tiga pabrik luar negeri, dan beberapa pabrik KD). GWM telah berhasil menjalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di luar Tiongkok, termasuk di Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana. Proyek-proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga akan mulai beroperasi tahun ini, menciptakan lapangan kerja lokal dan memperluas jaringan produksi.

Dalam hal produk, GWM menyesuaikan portofolio dengan kondisi lokal, termasuk memperkenalkan HAVAL JOLION PRO di Australia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi, serta HAVAL DARGO di Uzbekistan. Mereka juga membuka flagship store di Doha, Qatar, dan meluncurkan TANK 300 di Malaysia.

GWM menargetkan penjualan luar Tiongkok sebesar 500.000 unit tahun ini. Dengan melihat total volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan kuat bahwa GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada 2024.

× Image