Home > Mobil

Taring Red Bull Hilang? Charles Leclerc Raih Pole Position di Grand Prix Monaco 2024

Leclerc memimpin di Q3 dengan waktu 1:10.270, diikuti Piastri, Sainz, dan Norris di posisi berikutnya.
Dok. F1
Dok. F1

MOTORESTO.ID, MONAKO -- Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, mengamankan pole position untuk Grand Prix Monaco dengan penampilan luar biasa di sesi kualifikasi. Leclerc berhasil mengalahkan pesaing kuat seperti Oscar Piastri dari McLaren dan rekan setimnya, Carlos Sainz, di trek rumahnya.

Leclerc menghindari kesalahan di Q1 dan Q2, memastikan posisinya di Q3. Dengan waktu 1:10.418, Leclerc memimpin sementara sebelum memperbaiki catatannya menjadi 1:10.270, waktu yang tak terjangkau oleh pesaing lainnya. Oscar Piastri menjadi yang terdekat, menempatkan McLaren di posisi kedua, diikuti oleh Carlos Sainz di posisi ketiga dan Lando Norris di posisi keempat.

Max Verstappen Alami Kesulitan

Juara dunia bertahan, Max Verstappen, hanya mampu meraih posisi keenam setelah menabrak dinding di Sainte Devote pada putaran terakhir kualifikasinya. Ini mengakhiri rentetan delapan pole position berturut-turut yang ia raih, menyamai rekor Ayrton Senna. Pembalap Mercedes, George Russell, dan Lewis Hamilton, akan memulai balapan masing-masing di posisi kelima dan ketujuh.

Sesi kualifikasi di Monte Carlo selalu penuh drama. Fase Q1 melihat kejutan besar dengan tersingkirnya Fernando Alonso dan Sergio Perez. Sementara itu, Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon tidak mampu melanjutkan performa baik mereka dan gagal lolos ke Q3.

Di Q2, Lando Norris menunjukkan performa yang mengesankan dengan waktu tercepat, sementara Verstappen mencatat waktu tercepat di awal namun kemudian terkejar oleh McLaren dan Ferrari. Norris memuncaki sesi ini, diikuti oleh Piastri dan Leclerc.

"Rasanya sangat menyenangkan, namun kualifikasi bukanlah segalanya. Kami harus mempersiapkan semuanya menjelang hari Minggu," ujar Leclerc.

"Dalam beberapa tahun terakhir kami belum berhasil, tapi kali ini kami lebih kuat. Saya yakin kami bisa mencapai hasil yang hebat besok, dan kemenangan adalah targetnya." tutupnya.

× Image