Home > Bisnis

Salip Tesla, BYD Bukukan Rekor Laba Bersih 4,16 miliar

BYD Umumkan rekor laba tahunan mereka di tahun 2023 dengan total hingga 4,16 miliar
Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- BYD, Pabrikan kendaraan listrik asal Tiongkok baru saja membukukan rekor laba di tahun 2023. Dalam beberapa bulan, BYD berhasil menyalip Tesla menjadi produsen kendaraan listrik terkemuka di Dunia.

Dengan laba bersih sebesar 30 miliar yuan ($4,16 miliar) tahun lalu, berdasarkan bursa efek Shenzhen penghasilan BYD naik 80,7% pertahunnya dari 16,6 miliar yuan di tahun 2022. Hal ini merupakan rekor tertinggi yang pernah diraih BYD.

Dilansir dari Digital Journal.com, Direktur Pelaksana Sino Auto Insight, Tu Le, Dampak dari volume produksi perusahaan yang tinggi memungkinkan mereka untuk memberikan harga yang cukup agresif di segmen kendaraan mereka dan terus memberikan tekanan pada Start Up EV.

Ditambah melonjaknya permintaan kendaraan listrik di Tiongkok, BYD yang investornya termasuk investasi AS Warren Buffet, menginginkan kendaraan listrik dan Hybrid memimpin penjualan pada tahun 2035.

Hal tersebut berhasil meningkatkan penjualan mobil listrik pada kuartal keempat 2023 dengan jumlah 526,409 unit mobil listrik. Yang mana angka tersebut lagi-lagi melewati Tesla dengan total penjualan 484,507 unit pada periode yang sama.

Menurut majalah keuangan Barron's, Angka tersebut terbantu oleh fakta bahwa kendaraan listrik BYD lebih murah dibanding Tesla. Dengan harga rata-rata $30.000 sedangkan Tesla $40.000. Ditambah penjualan kendaraan Plug in hybrid BYD dengan angka 400.000 unit di kuartal keempat.

BYD pernah menjual kendaraan bensin

BYD sempat menjual kendaraan Internal Combustion Engine hingga tahun 2022. Produksinya dihentikan untuk fokus secara esklusif kembangkan kendaraan Hybrid dan Listrik.

× Image