Home > Umum

Begini Strategi Penyelenggara IIMS 2023 Terkait Percepatan Transisi Energi

IIMS 2023 turut andil dalam memberikan edukasi kendaraan listrik bagi masyarakat.

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Industri manufaktur otomotif khususnya kendaraan listrik mengalami perkembangan yang pesat. Hadirnya kendaraan listrik juga mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam berkendara yang lebih ramah lingkungan serta efisien dalam pengeluaran ongkos bahan bakar. Hal ini membuat pemerintah terus menggencarkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya dengan cara memberikan subsidi agar masyarakat kian tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik.

Tentunya penerapan sistem elektrifikasi pada sektor transportasi  penuh tantangan, baik pada kebiasaan masyarakat dan industri manufaktur yang terhitung baru di Indonesia. Selain itu, masyarakat juga membutuhkan dukungan infrastruktur, fasilitas serta insentif yang lebih efektif.

Karena itu dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)pada 2019 silam kendaraan listrik telah diperkenalkan kepada publik Tanah Air. IIMS saat itu, menghadirkan program Formula Racing Championship yang merupakan upaya dalam memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang otomotif, khususnya kendaraan listrik untuk dapat tampil di mata publik. Hal tersebut menjadi bentuk nyata IIMS turut andil dalam memberikan edukasi kendaraan listrik bagi masyarakat.

Pada perhelatan IIMS 2023, menurut keterangan Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara pameran, akan diikuti berbagai brand kendaraan listrik, seperti Gelis, Selis, Rakata dan lainnya. Melihat perkembangan kendaraan listrik yang semakin masif di Indonesia, IIMS terbuka bagi berbagai brand yang telah memiliki produk Electric Vehicle untuk ikut serta meramaikan perhelatan IIMS 2023 pada 16 - 26 Februari 2023 mendatang di JIExpo Kemayoran.

Terkait subsidi kendaraan listrik, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah berencana akan memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik seperti sepeda motor dan berbagai angkutan umum lainnya. Salah satu rencana yang sedang dibahas oleh pemerintah beberapa waktu lalu yakni rencana kucuran dana subsidi untuk pembelian motor listrik pada tahun 2023 berkisar Rp 6 - 6,5 juta, hal ini ditujukan agar pengguna kendaraan listrik semakin masif.

× Image