Toyota Konsisten Bangun Ekosistem Mobilitas Selama 54 Tahun

MOTORESTO.ID,TANGERANG--Mempertahankan penguasaan pangsa pasar sebesar 33 persen, bagi Toyota merupakan perjalanan panjang selama 54 tahun hadir di Indonesia. Dari pengalaman yang cukup lama tersebut tentunya diketahui karakter orang Indonesia saat memiliki sebuah kendaraan.
Pada umumnya mereka menggunakan kendaraan lebih dari lima tahun pemakaian, bahkan lebih. Tentunya dari hal tersebut mereka membutuhkan ketersediaan suku cadang serta layanan purna jual yang prima. "Kebayang nggak beli mobil setelah pakai setahun, bagaimana after salesnya, Toyota 50 tahun lebih di Indonesia, itu selalu memikirkan end-to-end proses," kata Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota Astra Motor.
Kini, konsumen di Indonesia memiliki kebiasaan baru, web roaming. Dengan berkembangan komunikasi digital tentunya terjadi perubahan prilaku masyarakat. Toyota mengikuti hal itu dengan menghadirkan layanan T-Care dan M-Toyota termasuk dengan layanan lebih dari 317 bengkel di Indonesia, termasuk 700 unit mobile service. "Jadi mau kemana pun pakai Toyota, itu peace of mind lah. Perawatannya terjamin," kata Ernando.
Kini dengan beragam pilihan produk kendaraan, Toyota telah membangun ekosistem mobilitas yang komprehensif. Ini merupakan cerminan dari upaya Toyota selama puluhan tahun dalam menawarkan produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat serta mengembangkan pasar otomotif di Indonesia, termasuk melalui berbagai kemitraan dalam negeri.
Sebagai hasilnya, Toyota konsisten mempertahankan posisi Toyota dalam memimpin pasar otomotif Indonesia.
Tema "Toyota Ada untuk Indonesia" pada GIIAS 2025 ini menjadi bukti nyata kesetiaan jangka panjang Toyota dalam mendampingi pertumbuhan Indonesia. "Bukan hanya sebagai produsen otomotif, tetapi sebagai mitra strategis dalam membangun masa depan mobilitas, lingkungan, dan masyarakat," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.
Selain menunjukkan lini produk yang variatif, guna menunjang pengalaman berkendara yang baik bagi pengguna, Toyota juga memberikan beberapa inisiatif dalam layanan pelanggan berbasis teknologi dan melakukan berbagai pembaruan mToyota sebagai Toyota Digital Touchpoint. Ini akan melengkapi ekosistem kepemilikan Toyota, mulai dari sales, after-sales, hingga konektivitas dalam pemeliharaan kendaraan, memberikan ketenangan dan rasa nyaman bagi pengguna.