Suzuki Fronx Dual Personality, Lembut di Jepang dan Garang di India!

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Suzuki Fronx hadir sebagai SUV Crossover unik. Meski desainnya global, karakter mobil ini ternyata berbeda-beda tergantung pasar. Di Jepang dan India, dua pasar penting Suzuki, Fronx membawa spesifikasi yang tak sama, disesuaikan kebutuhan konsumen tiap negara. Seperti apa sih perbedaanya? Gas simak!
Fronx Jepang: Smooth, Irit, Siap Harian
Di Negeri Sakura, Suzuki Fronx menawarkan mesin 1.5L K15C DualJet Mild Hybrid dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Tak hanya itu, terdapat juga dua varian penggerak, AWD dengan tenaga 99 PS sedangkan FWD 101 PS dengan torsi 135 Nm.
Karakter mesin ini halus dan linear, cocok untuk penggunaan dalam kota, terutama dengan lalu lintas padat seperti Tokyo. Teknologi Mild Hybrid (SHVS) juga berperan penting dalam menjaga efisiensi konsumsi bbm, sekaligus membantu akselerasi ringan. Mobil ini pas banget untuk pengemudi yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi jangka panjang.
Menurut situs resmi Suzuki Global, mesin 1.5L DualJet dengan teknologi SHVS menjamin efisiensi bbm, emisi rendah, tenaga yang kuat, dan torsi yang baik. Di sisi lain, Fronx versi Jepang juga menawarkan fitur Sport Mode dan mode manual dengan paddle shift.
Fronx India: Bertenaga, Ringan, Responsif
Berbeda dengan pasar Jepang, Suzuki Fronx di India memiliki opsi mesin 1.0L BoosterJet Turbo, yang menghasilkan tenaga lebih galak! Tenaga maksimal mampu mencapai 100 PS dengan torsi 148 Nm, dan dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 5 percepatan.
Jelas, karakter mesin turbo ini "Fun to Drive", terutama saat menyalip, responsif saat tanjakan, dan cocok untuk pengemudi yang ingin mobil harian tapi ada "tendangan" saat dibutuhkan. Pilihan ini merefleksikan kebutuhan pasar India, di mana performa sering kali menjadi pertimbangan utama.
Perlu diingat juga, medan di India termasuk medan yang berat di mana performa sangat dibutuhkan tak hanya untuk menyeimbangi medan, namun memberikan sensasi berkendaradan keterlibatan bagi pengemudi.
Jadi, Pilih yang Mana?
Jika Anda tinggal di kota besar dengan lalu lintas padat dan ingin kendaraan yang efisien serta halus, maka Fronx versi Jepang dengan teknologi mild hybrid bisa jadi pilihan ideal. Namun, jika Anda menginginkan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga dan responsif, Fronx versi India dengan mesin turbo adalah jawabannya.
Pada akhirnya, keduanya menawarkan nilai yang berbeda dan menariknya, Suzuki berhasil menciptakan satu mobil dengan dua kepribadian, tergantung di mana ia dipasarkan.
Jadi, Anda tim irit dan smooth, atau tim turbo dan nendang?