Home > Aksesoris

Merawat Aki Mobil agar Tetap Prima, Ini yang Perlu Diperhatikan

Rutin membersihkan terminal aki sangat penting untuk menjaga kelistrikan mobil tetap stabil dan aki tetap awet
Memeriksa secara berkala aki mobil akan memperpanjang usia pakai.     dok Motoresto.id
Memeriksa secara berkala aki mobil akan memperpanjang usia pakai. dok Motoresto.id

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Keberadaan aki mobil sebagai sumber tenaga listrik yang menggerakkan seluruh mekanisme kelistrikan kendaraan menjadi sangat vital. Karena itu kondisi aki yang selalu prima diperlukan agar kendaraan dapat beroperasi dengan normal.

Namun, tidak jarang pemilik kendaraan yang tidak memahami cara merawat aki mobil. Apalagi usia pakai aki mobil rata-rata dikisaran satu tahun. Sehingga, saat mengalami gangguan pemilik kendaraan lsngsung menukar aki lama dengan yang baru meski harus menebus dengan harga yang mahal.

Berikut tips yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan agar tetap awet dan prima yang dihimpun dari Astraotoshop dan Nissan.

1. Pastikan Terminal Aki Selalu Bersih dari Korosi

Korosi atau karat pada terminal aki merupakan masalah umum yang dapat menghambat kinerja aki mobil dan bahkan merusaknya. Karat terjadi ketika zat kimia yang muncul dari aki bertemu dengan udara dan kelembaban akibat suhu yang terus berubah. Hal ini memicu tidak normalnya kinerja aki dan membuatnya cepat soak atau tidak maksimal.

Karena itu pemeriksaan berkala perlu dilakukan. Seperti melepas kepala aki dan membersihkannya dengan kain halus. Pastikan aki harus dalam kondisi kering saat dibersihkan agar tidak terjadi konsleting listrik. Setelah dibersihkan, kepala aki dapat kembali dipasang. Membersihkan terminal aki secara rutin sangat penting untuk menjaga kelistrikan mobil tetap stabil dan aki tetap awet

2. Menjaga Kestabilan Tegangan Pengisian Aki

Periksa sistem pengisian daya mobil secara berkala untuk menjaga kestabilan tegangan pengisian aki. Ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan dalam memeriksa sistem pengisian mobil secara berkala. Menjaga tegangan pengisian aki yang stabil sangatlah penting. Kondisi aki yang stabil akan memastikan kesehatan dan umur pakai aki tetap optimal.

3. Periksa Level Air Aki Secara Teratur

Pada sejumlah aki modern dilengkapi fasilitas indikator yang menunjukkan kondisi air aki saat itu. Mengisi aki dengan air aki akan menambah jaminan kualitas dan usia pakai aki. Pentingnya memeriksa level air aki secara teratur sangat penting. Air aki yang kurang dapat menyebabkan aki menjadi tekor dan soak, serta dapat menyebabkan hantaran listrik dari aki menjadi terganggu. Jika level air aki terlalu rendah, maka plat negatif dan positif akan sulit mengurai sulfat menjadi asam dan menyebabkan penempelan plak-plak sulfat di plat negatif atau positif.

4. Panaskan Mesin Mobil Secara Berkala

Jarangnya berpergian menggunakan mobil, cenderung membiarkan mobil terparkir dengan sangat lama di garasi. Mobil yang jarang mendapatkan perhatian dan tidak pernah dipanaskan mesinnya secara berkala akan membawa dampak buruk terhadap aki, yaitu akan lebih cepat soak walaupun sering mengganti. T

5. Pilihlah Aki Sesuai Kendaraan Anda

Untuk Nissan Livina usahakan menggunakan aki basah karena sistem sirkulasi pada aki MF belum mampu diterapkan pada suhu yang berlebih pada Nissan Livina. Aki tipe basah dapat menguap dengan sempurna, apabila level air aki kurang Anda bisa tambahkan sendiri sampai batas max.

× Image