Home > Mobil

Banyak yang Belum Tau, Tanggal 22 Juni Jadi Hari Sakral Bagi VW Beetle Sedunia

22 Juni: Merayakan VW Beetle, mobil ikonik yang terus hidup dalam sejarah otomotif.
VW Beetle Dok. Carscoop
VW Beetle Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Hari VW Beetle Sedunia dirayakan setiap tanggal 22 Juni untuk memperingati salah satu mobil terlaris dan paling ikonik yang pernah dibuat.

Dikutip dari The Yucatan Times, Pada tanggal ini di tahun 1934, Adolf Hitler menugaskan insinyur untuk mengembangkan mobil rakyat yang murah dan efisien. Prototipe ini, dirancang oleh Chief Engineer Ferdinand Porsche, menjadi simbol tahun 1960-an.

Alexander Gromow, pakar VW dan pendiri majalah Fusca Clube Brazil, menciptakan peringatan ini pada tahun 1995. Acara ini menjadi salah satu pertemuan penting bagi penggemar VW Beetle di seluruh dunia.

Di Mérida, Yucatán, Hari VW Beetle atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama VW Kodok Sedunia akan dirayakan dengan karavan spektakuler dan pameran kendaraan ikonik ini. Acara ini akan dimulai dari Volkswagen City Altabrisa dan berakhir di Parque Arqueológico del Oriente, Meksiko. Mega karavan ini akan diikuti lebih dari 350 mobil dan diselenggarakan oleh Cero Óxido Club.

Carlos Lara Rivas, presiden tim dan penyelenggara acara, mengumumkan bahwa karavan akan dimulai pada pukul 16.00 dari Volkswagen Norte dan akan bergabung dengan mobil lain di Volkswagen City Altabrisa pada pukul 17.00.

Setelah tiba di Subbagian Taman, akan diadakan pameran mobil, lomba, undian, live music, dan berbagai kegiatan bersama sponsor hingga pukul 22.00. Kegiatan akan berlanjut pada hari Minggu, 23 Juni, mulai pukul 08.00 pagi.

Mobil Beetle ini lahir di Jerman pada Juli 1935 dan model terakhirnya diproduksi pada tahun 2003. Warisannya tetap bertahan, dengan penggemar di seluruh dunia yang terus memelihara mobil bersejarah ini.

× Image