Home > Mobil

Toyota Pertimbangkan Bangun SUV Performa GR

Toyota Gazoo Racing Siap Luncurkan SUV Performa Tinggi
Dok. Carscoop
Dok. Carscoop

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Toyota Gazoo Racing (GR) terus menunjukkan keunggulannya dengan serangkaian mobil sport yang sukses, seperti GR86 dan GR Supra, serta hatchback performa tinggi GR Yaris dan GR Corolla. Kini, divisi tersebut mempertimbangkan untuk meluncurkan SUV performa tinggi, sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Dikutip dari Carscoop, Presiden Gazoo Racing, Tomoya Takahashi, mengungkapkan pentingnya mengakomodasi pelanggan yang menginginkan kendaraan yang luas dan praktis tanpa mengorbankan performa. "Di masa depan, dari sudut pandang saya, kita memerlukan SUV GR. Beberapa orang hanya bisa menggunakan SUV karena mereka memiliki keluarga atau membutuhkan ruang. Untuk memperluas merek kami, mungkin sebuah SUV diperlukan," kata Takahashi dalam wawancaranya dengan media Australia. Namun, ia juga menekankan bahwa sumber daya perusahaan terbatas dalam mengembangkan produk baru, sehingga perlu ada prioritas yang jelas.

Toyota memiliki berbagai pilihan SUV yang bisa mendapatkan perlakuan GR, tergantung pada pasar. Model yang paling berfokus pada jalan raya dan cocok untuk dijadikan SUV GR meliputi Yaris Cross, C-HR, dan Corolla Cross. RAV4 yang lebih besar dan populer juga menjadi kandidat kuat secara global.

Sebaliknya, SUV dengan rangka tangga seperti Land Cruiser 250 dan 300 Series lebih sulit ditingkatkan dalam hal penanganan di jalan, karena dapat mengorbankan kemampuan off-road mereka. Inilah sebabnya Toyota memprioritaskan ketangguhan daripada sportiness pada Land Cruiser GR Sport, membuatnya lebih mumpuni dibandingkan versi standarnya.

Render spekulatif menunjukkan potensi Toyota GR C-HR, dengan suspensi yang diturunkan, roda baru, rem yang ditingkatkan, dan bodi yang lebih sporty. Dibangun di atas arsitektur TNGA-C, model ini seharusnya kompatibel dengan mesin turbocharged 1.6-liter tiga silinder dari GR Yaris dan GR Corolla, yang mampu menghasilkan hingga 300 hp (224 kW / 304 PS). Selain itu, C-HR sudah mengadopsi sistem AWD E-Four Toyota, yang menjadi pilihan logis untuk model performa.

Beberapa tahun lalu, Toyota menolak rumor tentang potensi GR Yaris Cross, namun ini bisa berubah di masa depan. Hal ini didukung oleh debut konsep Lexus LBX Morizo RR yang menggunakan banyak bagian GR.

Toyota bukanlah yang pertama menawarkan SUV berfokus performa di segmen ini. Selama bertahun-tahun, produk seperti Volkswagen T-Roc R, Cupra Formentor VZ5, Mini Countryman JCW, dan Hyundai Kona N telah hadir di pasar. Situasi serupa terjadi dengan divisi sporty dari pembuat mobil premium seperti BMW M, Mercedes-AMG, dan Audi Sport, yang menawarkan beragam SUV dalam berbagai bentuk dan ukuran.

× Image