Home > Komunitas

Scooter Owner Group (SOG) Resmi Deklarasikan Chapter Purwakarta

Deklarasi Meriah di Saung Gede, Dihadiri Pejabat dan Tokoh Masyarakat
Dok. Scooter Owner Group (SOG)
Dok. Scooter Owner Group (SOG)

MOTORESTO.ID, PURWOKERTO -- Scooter Owner Group (SOG) chapter Purwakarta resmi berdiri, menjadi wadah baru bagi para pecinta skuter di wilayah Purwakarta dan sekitarnya. Deklarasi SOG chapter Purwakarta melengkapi chapter SOG Indonesia, yang kini memiliki 49 chapter di seluruh Tanah Air.

Menurut Boy Januar, Founder SOG, perjalanan panjang telah dilalui untuk mendirikan chapter ini. "Sejak medio tahun 2000-an, Purwakarta sudah ingin menjadi chapter, namun terkendala sosialisasi kebijakan organisasi," ujarnya. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan proses panjang, animo tinggi dari masyarakat Purwakarta yang ingin bergabung menjadi alasan utama pendirian chapter baru ini.

SOG, yang berdiri pada 18 Maret 1995 di Bandung, Jawa Barat, kini memiliki sekitar 6.000 anggota dengan 49 chapter, termasuk beberapa di luar negeri seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan Inggris. Komunitas ini dipimpin oleh El Presidente, Venito Bastian, dan aktor Vino G. Bastian sebagai ambassador.

Dok. Scooter Owner Group (SOG)
Dok. Scooter Owner Group (SOG)

Ketua SOG chapter Purwakarta, Nandang M. Nugraha, menyampaikan visi-misi mereka untuk mensinergikan para penghobi Vespa dengan pemerintah daerah, mendukung kebijakan pemerintah, serta mengembangkan pariwisata dan sumber daya manusia di Purwakarta. Mereka juga berkomitmen untuk menjadi contoh dalam berlalu lintas yang baik dan aman.

Deklarasi SOG chapter Purwakarta yang berlangsung di Saung Gede, Wanayasa, Purwakarta pada 29 Juni 2024, dihadiri oleh para founder dan member SOG Indonesia, serta pejabat setempat seperti Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, Kompol Endar Supriatna S.Kom., S.I.K, dan Letkol Yoga Febrianto. Dukungan positif juga datang dari pemerintah daerah dan tokoh masyarakat Purwakarta.

Untuk bergabung menjadi member SOG Indonesia, pengguna skuter cukup memiliki merek Vespa, Lambretta, atau Scomadi. Namun, skuter matik masih dibatasi pada merek skuter Eropa saja.

× Image