Home > Bisnis

Suzuki Lakukan Edukasi Pendidikan Bersama 57 Ribu Pelajar di Indonesia

Suzuki Peduli Pendidikan yang telah memberikan kontribusi positif terhadap lebih dari 57 ribu pelajar dari 683 sekolah
Kegiatan CSR Suzuki Indonesia Dok. Suzuki Indonesia
Kegiatan CSR Suzuki Indonesia Dok. Suzuki Indonesia

MOTORESTO.ID, JAKARTA – Suzuki Indonesia aktif menjalankan program edukasi yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan pendidikan kaum muda di Indonesia selama satu dekade terakhir.

Program transformasi ini diwujudkan lewat kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Suzuki Indonesia dengan tajuk ‘Suzuki Peduli Lingkungan’ yang menargetkan kelestarian lingkungan dan ‘Suzuki Peduli Pendidikan’ yang menyasar siswa sekolah kejuruan otomotif di Indonesia.

"Seluruh aksi kami berangkat dari semangat transformasi yang kami yakini akan berdampak baik bagi Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Suzuki berkomitmen untuk berperan aktif dalam membawa dampak positif terhadap lingkungan sekitar. Tahun 2023 ini merupakan tahun ke-10 Suzuki Indonesia melaksanakan program Suzuki Peduli Lingkungan melalui Clean Up the World dan tahun ke-8 dari program Suzuki Peduli Pendidikan melalui donasi mesin, kendaraan, dan transmisi untuk tujuan Pendidikan siswa sekolah kejuruan" ungkap Joshi Prasetya, Strategic Planning Dept. Head PT SIS. mengungkapkan bahwa beragam

Suzuki Peduli Lingkungan berfokus pada pelestarian pantai dan laut Indonesia melalui kegiatan Suzuki Clean Up the World. Program ini telah merambah berbagai pantai dari Barat Indonesia seperti Kepulauan Seribu, Tangerang, Jakarta, Purworejo, hingga ke Indonesia bagian tengah seperti Bali, serta wilayah timur seperti Manado dan Morotai.

Aksi pembersihan pantai ini melibatkan pemerintah, masyarakat, dan terutama siswa setempat sebagai bentuk edukasi tentang pentingnya menjaga pantai di sekitar tempat tinggal mereka. Selama periode 2021-2023, program Clean Up The World berhasil mengumpulkan lebih dari 1 ton sampah, termasuk plastik, besi, kain, styrofoam, kaca, dan bahan lainnya.

Selain itu, Suzuki juga menjalankan program Suzuki Peduli Pendidikan yang telah memberikan kontribusi positif terhadap lebih dari 57 ribu pelajar dari 683 sekolah dan universitas yang tersebar di seluruh Indonesia dalam 8 tahun Terakhir.

Suzuki Peduli Pendidikan memberikan kesempatan kunjungan pabrik sebagai akses edukasi bagi pelajar sekolah untuk mempelajari proses produksi dalam industry otomotif, terutama metode kaizen yang terus mendorong inovasi menuju proses produksi yang paling optimal dan rendah karbon di pabrik Suzuki Cikarang.

Kegiatan kunjungan pabrik bagi para siswa sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), maupun sekolah tinggi atau universitas ini masih terus berlangsung dan jadwalnya dapat diakses melalui website resmi Suzuki https://www.suzuki.co.id/kunjungan-pabrik.

Suzuki meyakini bahwa generasi muda memiliki peran kunci dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan terhadap lingkungan. Selain memberikan edukasi melalui kunjungan pabrik, Suzuki secara konsisten menyumbangkan 29 mobil, mesin, dan transmisi sebagai materi praktik yang memperkaya modul pembelajaran di sekolah otomotif di Indonesia. Dari tahun 2015 hingga 2023, lebih dari 19.000 pelajar dari 46 sekolah otomotif telah memanfaatkan donasi Suzuki dalam pembelajaran mandiri dan praktik di kelas.

Joshi juga mengungkapkan, Hal inilah yang membawa Suzuki Indonesia untuk terjun langsung dalam berbagai aksi nyata untuk memberi contoh dan mengedukasi siswa-siswi dari institusi pendidikan di berbagai wilayah Indonesia. Kedepannya pun Suzuki Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi, baik melalui produk maupun aksi ramah lingkungan dan Pendidikan di tanah air,” tutup Joshi.

× Image