Home > Umum

Ingin Mudik Aman dan Nyaman di Jalan, Perhatikan Ini

Membuat rencana perjalanan mudik hingga daftar barang-barang yang perlu dikemas tentunya penting untuk dipersiapkan selain kondisi kesehatan diri

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Mudik lebaran menjadi salah satu momen yang dinantikan masyarakat sekaligus mengisi libur panjang mereka. Tidak sedikit yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi.

“Membuat rencana perjalanan mudik hingga daftar barang-barang yang perlu dikemas tentunya penting untuk dipersiapkan selain kondisi kesehatan diri," kata Ujar Head of PR, Marcomm, & Event asuransi Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto dalam keterangannya belum lama ini.

Karena itu dibutuhkan kondisi tubuh dan kendaraan yang prima agar libur panjang tidak terganggu. The Real Driving Center (RDC) Indonesia, menyampaikan beberapa cara memastikan kondisi tubuh fit saat mudik.

1. Istirahat yang cukup


Pastikan beristirahat atau tidur selama 7 hingga 9 jam dan tidak berkendara mendekati atau saat waktu tidur serta mengatur perencanaan perjalanan yang baik. Seperti mengatur waktu untuk berkendara dan menyisipkan waktu beristirahat 2 jam sekali di rest area yang dilewati.

2. Konsumsi makanan sehat


Makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit, tidak hanya untuk saat mengemudi namun untuk melakukan aktivitas lainnya sehari-hari. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti gandum, daging ayam, sayuran, dan buah.

3. Jaga cairan tubuh


Puasa dapat menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan tidak fokus sehingga dapat membahayakan pengemudi. Pastikan untuk menjaga cairan tubuh dengan meminum air secukupnya saat sahur dan berbuka.

4. Lakukan olahraga ringan


Melakukan olahraga ringan sebelum memulai perjalanan dapat membantu tubuh tetap bugar. Namun jika merasakan letih kembali akibat duduk terlalu lama, istirahatlah di rest area dan lakukanlah peregangan otot atau berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot dan aliran darah dapat kembali lancar.

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol


Berkendara mobil menuntut konsentrasi tinggi dan kondisi tubuh yang baik. Hindari mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Selain membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain, mengemudi mobil dalam pengaruh alkohol juga dapat diancam hukuman sanksi dan juga kurungan. Hal ini tertulis dalam Pasal 311 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
× Image