Toyota Bangun Ekosistem Motorsport Lewat Tiga Pilar Gazoo Racing

MOTORESTO.ID,TANGERANG--Olah raga balap mobil di Tanah Air memang tidak terlepas dari nama besar Toyota. Kini, melalui tim Toyota GAZOO Racing (TGR), motorsport brand di bawah naungan PT Toyota-Astra Motor (TAM), TGR menghadirkan GR Yaris Rally2 sebagai senjata terbaru TGRI.
Namun, Toyota ingin mengembangkan semangat olah raga balap mobil ini ke masyarakat luas sebagai bagian dari gaya hidup modern. "Meskipun elektrifikasi terus mendominasi pembicaraan di GIIAS 2025, PT Toyota- Astra Motor (TAM) ingin menekankan aspek penting lain dari mobilitas, yakni passion," kata Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Hal ini sejalan dengan pilar utama Gazoo Racing, yakni Motorsport, Produk, dan kommunitas. "Ini adalah cara kami membawa warisan motorsport Toyota ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia," kata Jap.
Pilar Motorsport menjadi fondasi utama, di mana semangat kompetitif dan pembelajaran teknis dari ajang balap global diterapkan langsung dalam pengembangan kendaraan. Di Indonesia, GR tidak hanya hadir sebagai peserta di kejuaraan nasional dan regional, tetapi juga berkontribusi memajukan dunia olah raga balap mobil di Tanah Air.
Pada momen GIIAS 2025, ikut hadir jajaran pembalap Toyota GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang akan berlaga pada musim 2025 di kategori Slalom, Touring Nasional dan Regional, Rally, Sprint Rally, serta Asia Cross Country Rally.
Pilar Product menegaskan komitmen GR dalam menghadirkan kendaraan sporty dan berperforma tinggi yang tetap fungsional dan relevan untuk kebutuhan harian. Saat ini, GR menawarkan 15 model di Indonesia, termasuk empat varian GR Pure: GR Yaris, GR Supra, GR86, dan GR Corolla, serta model-model GR Sport dan GR Parts yang menjadi bukti nyata excitement dari dunia motorsport dapat diakses oleh siapa pun.
Pilar Community menjadi fondasi sosial dari GR, yang mewadahi gaya hidup para penggemar motorsport dan otomotif secara general. Melalui GR Garage, TAM menghadirkan pusat komunitas berkonsep one-stop destination.
Pengunjung bisa menikmati layanan modifikasi dan tuning kendaraan, menjajal simulator balap, serta bersantai di café bertema motorsport yang berlokasi Pantai Indah Kapuk 2, Tangerang, Banten.
Sebagai perluasan jangkauan komunitas, TAM juga menghadirkan 28 GR Zone yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia melalui jaringan dealer resmi. GR Zone berperan sebagai titik temu komunitas lokal sekaligus sarana edukasi dan showcase produk-produk GR kepada publik yang lebih luas.
"GAZOO Racing mewakili cara kami membawa warisan motorsport Toyota selama puluhan tahun ke dalam sesuatu yang dapat dirasakan oleh semua orang, baik saat Anda mengemudi di sirkuit maupun dalam lalu lintas kota sehari-hari, " kata Jap.