Home > Mobil

Tesla Gunakan Cybertruck sebagai Billboard Jalanan untuk Promosi Model Y

Alih-alih dibiarkan menumpuk di garasi pabrik, Cybertruck kini punya kerjaan baru: narik Model Y keliling kota buat cari perhatian.
Terlihat sebuah Tesla Cybertruck menjadi Billboard Jalanan untuk Promosi Model Y (Doc. Carscoops).
Terlihat sebuah Tesla Cybertruck menjadi Billboard Jalanan untuk Promosi Model Y (Doc. Carscoops).

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Tesla memang jago bikin sensasi dan berada dibawah spotlight. Setelah banyak spekulasi soal stok Cybertruck yang belum juga laku sesuai ekspektasi, akhirnya terkuak juga! Mobil-mobil futuristik itu ternyata jadi media promosi berjalan untuk Model Y terbaru.

Dilansir dari Carscoops, sebuah iring-iringan Cybertruck baru-baru ini terlihat melintasi Temple, Texas, dan salah satunya bikin pangling. Sebuah trailer berisi Tesla Model Y berwarna merah menyala dalam kapsul kaca, lengkap dengan tulisan “Made in Texas”. Bisa dibilang, ini adalah mobile billboard versi Elon Musk.

Gak Laku? Gak Masalah

Tesla memang sempat mengklaim meraih hampir 2 juta pemesanan Cybertruck. Tapi realitanya? Hingga Maret lalu, cuma sekitar 46.000 unit yang berhasil diproduksi dan dijual. Padahal target awalnya bisa mencapai 250.000-500.000 unit per tahun.

Dengan realita yang jauh dari harapan, Tesla kini tampaknya menyiasati situasi dengan cara yang cukup jenius, yakni menjadikan Cybertruck sebagai duta promosi keliling. Model Y yang ditampilkan berbalut warna Ultra Red, salah satu opsi warna terbaik Tesla saat ini.

Alih-alih pakai billboard biasa di pinggir jalan, Tesla justru menghadirkan mobilnya langsung di jalan raya, ditarik oleh Cybertruck yang mencolok itu.

Anti-Mainstream

Langkah ini bisa dibilang sejalan dengan gaya promosi Tesla yang unik dari pabrikan otomotif lain. Tesla jarang (bahkan hampir tidak pernah) mempromosikan produk mereka menggunakan iklan konvensional.

Mereka justru mengandalkan pendekatan organik menggunakan media sosial, kehebohan publik, dan strategi untuk memperluas "Word of Mouth" mereka. Sangat cerdas dan effort ya. Namun, apakah ini akan membuat warga Texas (atau dunia) tertarik beli Model Y? Belum tentu. Tapi satu hal pasti, Tesla berhasil mencuri perhatian, lagi.

× Image