Tingkatkan Layanan, BMW Astra Resmikan Konsep Ritel Premium di Cilandak
MOTORESTO.ID, JAKARTA -- BMW Astra Cilandak resmi meluncurkan konsep ritel terbaru mereka, Retail.Next, yang merupakan inovasi global BMW dalam menghadirkan pengalaman pelanggan premium terbaik di showroom.
Retail.Next pertama kali diperkenalkan di India pada Desember 2023 dan kini hadir di Indonesia sebagai upaya BMW Astra untuk memberikan layanan yang lebih personal, inovatif, dan efisien. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda, mengutamakan kenyamanan pelanggan, dan mengintegrasikan teknologi digital dalam setiap aspek interaksi di showroom.
Sanfrantis Tanu, Chief Executive BMW Astra, mengungkapkan bahwa konsep Retail.Next memberikan pengalaman berbeda di showroom dengan desain yang lebih santai, di mana pelanggan bisa menikmati suasana, bekerja, atau sekadar bersantai.
"Kami ingin menciptakan ruang yang lebih dari sekadar tempat jual beli mobil. Pelanggan dapat merasa nyaman dan bahkan bekerja di showroom kami," katanya.
BMW Astra Cilandak menjadi cabang pertama yang menerapkan konsep ini, dan secara bertahap, cabang lainnya akan mengadopsi konsep yang sama.
Menurut Teguh Widodo, Operation Manager BMW Astra, Retail.Next tidak hanya menghadirkan perubahan pada bangunan fisik showroom, tetapi juga pada manajemennya.
"Dulu, bintang di showroom adalah mobil, sekarang bintangnya adalah pelanggan. Kami menyadari bahwa banyak pelanggan sudah memiliki informasi tentang produk melalui media digital, sehingga kami perlu menyediakan ruang yang lebih nyaman untuk mereka,” jelas Teguh.
Oleh karena itu, di showroom terbaru ini, tidak ada lagi meja sales counter atau service advisor seperti sebelumnya. Sebagai gantinya, pelanggan dapat melakukan segala sesuatunya secara digital.
Konsep Retail.Next ini juga sangat memperhatikan aspek keberlanjutan dan elektrifikasi. BMW Astra Cilandak didesain dengan material yang mengurangi radiasi matahari hingga 78%, yang berdampak pada penghematan penggunaan energi pendingin ruangan hingga 29%. Selain itu, showroom ini menggunakan listrik yang berasal dari sumber energi terbarukan, seperti geothermal dari PLTP Kamojang, yang sejalan dengan komitmen BMW Astra untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia.
Jean-Philippe Parain, Senior Vice President Sales Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, and Africa BMW, memuji pencapaian BMW Astra dalam mengimplementasikan Retail.Next. Pencapaian ini juga mencerminkan kesuksesan besar BMW di pasar Indonesia, yang semakin menunjukkan potensi besar dalam industri otomotif premium, khususnya di segmen kendaraan listrik.