Home > Bisnis

Dua Jenis Kendaraan Niaga Listrik Ini Siap Beroperasi di IKN

Kedua kendaran tersebut akan menjadi kendaraan operasional PT POS Indonesia
Tampak  FUSO eCanter (kiri) dan Mitsubishi L100 EV (kanan)
Tampak FUSO eCanter (kiri) dan Mitsubishi L100 EV (kanan)

MOTORESTO.ID,IKN--Kawasan Ibu Kota Negara menjadi kesempatan bagi PT Mitsubishi MotorsKrama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk memperkenalkan dan ketangguhan dua produk kendaraan listrik mereka, Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter.

Menurut rencana kedua kendaran tersebut akan menjadi kendaraan operasional PT POS Indonesia (PosIND). Kehadiran kedua kendaraan niaga ini merupakan langkah konkret PosIND dalam mendukung pengembangan layanan publik yang modern dan berkelanjutan di IKN yang ramah lingkungan.

"Kami berencana untuk memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter di berbagai kegiatan operasi PT Pos Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara," Hany Sartana, Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero).

Kolaborasi antara PT Pos Indonesia dan Mitsubishi dimulai beberapa tahun lalu melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) pada L100EV dan FUSO eCanter, yang memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik.

Melalui upaya tersebut, MMKSI dan Pos Indonesia melakukan studi bersama melalui kegiatan konsep uji cobadengan menggunakan model Mitsubishi L100 EV selama 11 bulan, dari April 2022 hingga Maret 2023.

Kegiatan PoC ini menunjukkan Mitsubishi L100 EV mampu memenuhi kebutuhan operasional logistik harian dengan baik. PosIND pun menyoroti keunggulan Mitsubishi L100 EV dan mulai menggunakannya dalam berbagai kegiatan operasional. Baik saat uji coba di area Nusantara Logistics hub di area Ibu Kota Nusantara, maupun dalam bisnis logistik di berbagai wilayah di Indonesia.

"Mitsubishi L100 EV dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan. Kami yakin berbagai keunggulan tersebut membuat Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi, serta range harga yang ditawarkan," kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI dalam keterangan resminya, Kamis (22/8).

Fitur Canggih pada FUSO eCanter

Sedangkan eCanter sejak tahun 2022, PT KTB telah melakukan serangkaian proof of concept (PoC) untuk memastikan keandalan serta kinerja eCanter di berbagai medan di Indonesia. PT Pos Indonesia menjadi salah satu mitradalam kegiatan ini. Hasilnya, PT Pos Indonesia menunjukkan kepuasan terhadap eCanter guna mendukung inisiatif logistik ramah lingkungan di IKN.

Mitsubishi FUSO eCanter hadir dengan kapasitas baterai ukuran M sebesar 83 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 140 KM. Sejumlah Fitur canggih sudah menjadi perlengkapan standarnya. Seperti Electronic Stability Program (ESP) yang menjaga stabilitas kendaraan saat pengereman di situasi berisiko.

Accoustic Vehicle Alert System (AVAS) yang memberi peringatan kepada orang di sekitar kendaraan sedang mendekat, Lane Departure Warning System (LDWS) yang membantu pengemudi mengontrol kendaraan di medan yang sulit. Serta kaca spion kabin yang terintegrasi dengan kamera belakang, akan memberikan keamanan maksimal pada beragam kondisi dan cuaca saat berada di perjalanan.

× Image