Home > Mobil

Pembelian 60 Persen Cash, CX-5 Dominasi Penjualan Mazda di GIIAS 2024

Warna Premium dan Kelas Atas Menjadi Daya Tarik Utama
Dok. EMI
Dok. EMI

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), distributor Mazda di Indonesia, sukses mengakhiri partisipasinya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dengan hasil yang memuaskan.

Selama pameran, Mazda berhasil mencatat total 833 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), dengan 60% dari pembelian dilakukan secara tunai dan 40% melalui kredit.

"Selama GIIAS 2024, metode pembelian mobil terbagi antara 60% cash dan 40% kredit. Kalaupun kredit, cicilan yang diambil gak sampai 5 tahun." kata Ricky Thio, Chief Operating Officer (COO) PT Eurokars Motor Indonesia.

"Mazda tidak memiliki line-up seperti LCGC atau segmen rendah lainnya, sehingga produk kami berada di kelas atas. Karena itu, banyak pelanggan kami yang memang mampu membeli secara cash." tambahnya.

Walaupun opsi kredit tersedia, kebanyakan konsumen memilih cicilan yang tidak melebihi tiga tahun.

"Untuk kredit, biasanya tidak sampai lima tahun. Cicilan rata-rata sekitar tiga tahun, disesuaikan dengan penghasilan bulanan konsumen. Mazda memang dikenal di segmen premium, dan pelanggan mereka umumnya berasal dari kalangan yang lebih mampu." jelas Ricky.

Di antara produk Mazda, lima model terlaris adalah Mazda CX-5 yang menyumbang 28,5% dari total SPK dengan 237 unit terjual. Selanjutnya, Mazda CX-3 dengan 223 unit (26,8%), Mazda3 Hatchback dengan 134 unit (16,1%), Mazda CX-60 dengan 106 unit (12,7%), dan Mazda CX-30 dengan 46 unit (5,5%).

Dok. Motoresto.id
Dok. Motoresto.id

Warna premium juga menjadi perhatian utama. Soul Red Crystal Metallic tetap menjadi pilihan favorit, dengan lebih dari 35% konsumen memilih warna ini. Machine Grey Metallic diikuti dengan 23%, sementara Platinum Quartz Metallic dipilih oleh 11% konsumen.

Beban biaya tambahan sebesar Rp 4 juta tidak menjadi halangan bagi konsumen untuk memilih warna premium ini.

Dok. Instagram/Mazda
Dok. Instagram/Mazda
× Image