Home > Mobil

Bakal Meluncur September Nanti, Honda Civic RS Kini Ada Varian Manual

Honda Civic RS 2024: Kombinasi Estetika dan Performa
Dok. Honda
Dok. Honda

MOTORESTO.ID, TOKYO -- Honda baru saja meluncurkan versi facelift dari Civic di pasar Jepang, dengan penambahan trim RS yang menawarkan performa lebih sporty. Civic RS ini memperkenalkan beberapa pembaruan signifikan, termasuk pengaturan suspensi yang lebih dinamis, sistem rev-matching, dan transmisi manual enam kecepatan.

Secara visual, Civic RS tampak mirip dengan konsep yang diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 2024. Perubahan desain meliputi bumper yang didesain ulang untuk seluruh jajaran, dengan trim khusus untuk RS, termasuk emblem eksklusif, trim yang lebih gelap, velg hitam 18 inci, serta knalpot fungsional di bagian belakang.

Berbeda dengan Honda Civic yang tersedia hanya dalam varian sedan di Amerika Serikat, Civic RS di Jepang hadir dalam bodi hatchback lima pintu. Selain itu, tampilan hot hatch ini dapat diperkuat dengan aksesori dari katalog Honda Access, seperti sayap besar yang terinspirasi dari Civic Type R, atau spoiler ducktail yang lebih tersembunyi, serta ekstensi bumper aerodinamis dan trim sporty untuk gril.

Dok. Honda
Dok. Honda

Di bagian interior, Civic RS menawarkan aksen merah pada dasbor dan panel pintu, kontras dengan jok bertema gelap. Trim ini merupakan satu-satunya varian di Jepang yang dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan, sedangkan model lainnya menggunakan CVT. Ditenagai oleh mesin VTEC 1,5 liter turbocharged yang menghasilkan 180 hp (134 kW / 182 PS), Civic RS dilengkapi dengan suspensi sporty dan sistem rev-matching untuk meningkatkan pengalaman berkendara.

Peluncuran Civic facelift dijadwalkan pada September 2024, dengan harga mulai dari ¥3.448.500 (Rp. 390 Juta) untuk model 1,5 VTEC. Dan ¥4.198.700 (Rp. 476 Juta) untuk Civic RS manual.

Dok. Honda
Dok. Honda
× Image