Home > Gaya Hidup

Kembangkan Industri Aftermarket, Kemenperin Dukung IMX 2024

IMX 2024 Siap Menjadi Etalase Kreativitas Modifikator Nasional dengan Tema "Road to The World"
Dok. IMX
Dok. IMX

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024, sebuah ajang yang bertujuan memajukan industri modifikasi dan komponen aftermarket di Indonesia.

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Plt. Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Putu Juli Ardika, saat menerima kunjungan dari Tim National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) pada Rabu (31/7) di Gedung Kemenperin.

Dalam pertemuan tersebut, Putu Juli Ardika menegaskan pentingnya IMX sebagai wadah yang mendorong kreativitas dan serapan tenaga kerja baru di industri otomotif.

“Kemenperin mendukung penuh gelaran Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2024 yang selalu mendorong terciptanya upaya kreativitas dan serapan tenaga kerja baru di industri aftermarket dan komponen,” ujarnya.

Putu juga menyampaikan harapannya agar jumlah unit usaha di sektor komponen otomotif dapat terus bertumbuh.

"Saat ini baru ada sekitar 1.500 unit usaha yang bergerak di industri komponen. Semoga 5 tahun ke depan jumlahnya terus meningkat menjadi lebih dari 3.000 unit," tambahnya.

Selain itu, Putu meyakini bahwa industri komponen dan aftermarket lokal memiliki potensi besar untuk berkembang hingga ke pasar global, terutama jika dimulai dari dunia hobi dan kesukaan. Ia juga mendorong agar pabrikan otomotif di Tanah Air mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta industri modifikasi lokal melalui ajang IMX.

Sementara itu, Andre Mulyadi, Project Director IMX 2024, menjelaskan bahwa acara yang akan berlangsung pada 4-8 Oktober 2024 di Hall 9-10 ICE BSD, Tangerang ini akan mengusung tema “Road to The World”. Tema ini dipilih untuk menampilkan kreativitas modifikator Indonesia yang bisa dibanggakan di kancah internasional.

"Kami juga akan menginformasikan beberapa pencapaian yang dibuat dalam hal ini kolaborasi dengan Kemenperin, terkait dukungan di SDM maupun fasilitas yang akan memudahkan dan membantu para modifikator di tahun tahun mendatang, selain itu IMX tentunya juga akan kehadiran tokoh legenda dunia otomotif dan industry expert dari berbagai negara untuk berbagi ilmu dengan insan modifikasi tanah air, harapannya agar industri aftermarket dan komponen di Indonesia lebih baik lagi" tutup Andre.

× Image