Home > Motor

Tips Berkendara Aman di Kala Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan, Kurangi Resiko Kecelakaan
Dok. Wahana Honda
Dok. Wahana Honda

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Musim penghujan kembali melanda Jakarta, menimbulkan tantangan bagi para pengendara sepeda motor. Kondisi jalan yang licin dan visibilitas terbatas meningkatkan risiko kecelakaan.

“Saat berkendara pastinya wajib #Cari_Aman, salah ambil tindakan bisa jadi berbeda ceritanya. Tindakan baik itu pengecekan sebelum melakukan perjalanan dan perilaku berkendara yang sesuai standar keselamatan wajib diperhatikan, apalagi di kondisi cuaca yang memang kurang mengasyikkan buat pengendara,” tutur Agus Sani, Head of Safety Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

Beberapa tips yang disarankan antara lain:

1. Cek Kondisi Motor

Pastikan ban, rem, lampu, dan klakson dalam kondisi baik. Ban dengan tekanan udara yang tepat dan kembang yang bagus menjaga traksi di jalanan basah.

2. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Pilih jas hujan, sarung tangan, sepatu anti air, dan helm dengan visor anti-kabut untuk melindungi diri dari cuaca buruk.

3. Berkendara dengan Bijak

Kurangi kecepatan, jaga jarak aman, hindari manuver mendadak, dan perhatikan genangan air. Semua ini membantu mengurangi risiko kecelakaan.

4. Pahami Kondisi Jalan dan Cuaca

Selalu cek prakiraan cuaca dan siapkan rute alternatif yang lebih aman. Hindari jalan yang sering tergenang air.

5. Fokus dan Hindari Gangguan

Jangan gunakan ponsel saat berkendara dan hindari obrolan yang tidak perlu untuk menjaga konsentrasi.

Selain itu, pastikan kondisi fisik prima saat berkendara di tengah hujan. Berkendara dengan fisik yang baik dan fokus akan membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

× Image