Home > Mobil

Hadirkan Dua Produk Elektrifikasi, Toyota Lakukan Ekspansi Teknologi, Begini Hasilnya

Kehadiran produk tersebut diharapkan memberi solusi mobilitas lebih luas
Mobil konsep Toyota FT-3e       dok TAM
Mobil konsep Toyota FT-3e dok TAM

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Kendaraan elektrifikasi (xEV) saat ini menjadi primadona bagi pabrikan dalam menarik animo masyarakat beralih ke sistem penggerak listrik. Hal itu dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang menerapkan Multi Pathway Strategy di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang – Banten, 18–28 Juli 2024.

Hal itu dibuktikan dengan peluncuran All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) serta menghadirkan All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) bersama concept car BEV (Battery Electric Vehicle) Toyota FT-3e. kehadiran kedua produk tersebut untuk memperlihatkan ekspansi teknologi Toyota dengan menghadirkan carbon neutral technology yang lengkap dan berkelanjutan. Kehadiran masing-masing teknologi ini juga dimaksudkan untuk memberikan solusi mobilitas yang lebih luas untuk pelanggan.

Sejak 2009, PT TAM telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus, baik itu Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Pada tahun 2023, pasar xEV Indonesia menembus angka 71.500 unit secara Wholesales, di mana Hybrid EV menguasai 76 persen, sedangkan Battery EV menyumbang 24 persen.

Toyota Prius PHEV                   dok TAM
Toyota Prius PHEV dok TAM

“Selaras dengan target Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Beyond Zero bertujuan untuk mempercepat pengurangan emisi dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, dengan Multi Pathway Strategy melalui berbagai jenis teknologi elektrifikasi dan penggunaan energi terbarukan dalam mendukung mobilitas berkelanjutan,” jelas President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, Rabu (18/7).

Sejalan Indonesia Energy Roadmap menuju Net Zero Emission 2060, Toyota juga ikut memamerkan Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept dan Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen murni, yang berpotensi memperluas dukungan terhadap upaya meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

Kini penjualan xEV Toyota sangat positif. Di Semester 1 2024, Toyota masih memimpin perolehan penjualan kendaraan elektrifikasi sebanyak 15.017 unit secara Whole Sales dan menguasai 40 persen pangsa pasar elektrifikasi nasional, dengan model HEV sebagai kontributor terbesar. Kabar positif ini semakin membanggakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV yang Toyota produksi di Indonesia berhasil meraih gelar Car of The Year dari media otomotif nasional secara bergantian pada tahun 2023 dan 2024.

× Image