Home > Bisnis

Wahana Honda dan AHM Gelar Green Kalcer untuk Edukasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

PT WMS dan AHM Gelar Green Kalcer, Edukasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga untuk Keberlanjutan Lingkungan
Dok. Wahana Honda
Dok. Wahana Honda

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta-Tangerang, berkolaborasi dengan PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kegiatan bertajuk Green Kalcer. Acara ini berlangsung di Rumah Sehat Wahana pada Kamis, 04 Juli 2024. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai penanganan limbah rumah tangga sebagai upaya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan.

Green Kalcer menghadirkan R.B. Sutarno, penggiat lingkungan sekaligus penerima penghargaan Kalpataru 2020 dan Hero Environmental Social Governance (ESG) PT Astra Honda Motor (AHM), sebagai mentor. Sutarno memberikan pengetahuan dan praktik langsung tentang pengolahan limbah rumah tangga kepada para peserta, yang sebagian besar adalah jurnalis dari berbagai media. Kegiatan ini mencakup pengomposan sederhana dan pembuatan eco enzyme.

Manfaat Pengelolaan Limbah Rumah Tangga

Pengelolaan limbah rumah tangga sangat penting karena dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir, mengurangi pencemaran lingkungan, serta mengubah limbah menjadi produk yang bermanfaat bagi tanaman. Dengan demikian, dampak negatif limbah terhadap lingkungan dapat dikurangi, mendukung keberlanjutan ekosistem.

Dok. Wahana Honda
Dok. Wahana Honda

Anastasia Kelly Budiman, Head of Environment PT Wahana Makmur Sejati, menegaskan pentingnya kolaborasi ini. "Green Kalcer menjadi kolaborasi positif bagi kami Main Dealer untuk menyerap ilmu pengolahan sampah rumah tangga dari tokoh Hero ESG AHM dan membagikannya kepada rekan jurnalis untuk bisa dipraktikkan di rumah. Aksi kecil dan sederhana ini merupakan langkah nyata kami dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," ungkapnya.

Program Green Kalcer merupakan bagian dari "ESG Mission, Engaging for The Future" yang mengajak masyarakat aktif bersama sepeda motor Honda dalam mendukung kemajuan di Tanah Air. Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, sepeda motor Honda berkomitmen untuk terus konsisten berkontribusi dalam sustainability bangsa Indonesia melalui berbagai program ESG.

× Image