Home > Mobil

Akio Toyoda Alami Kecelakaan Saat Tes Toyota GR Yaris

Akio Toyoda alami kecelakaan saat tes Toyota GR Yaris, keduanya selamat tanpa luka.
Dok. Youtube Toyota Times Global
Dok. Youtube Toyota Times Global

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Akio Toyoda atau akrab disapa Morizo, bos Toyota yang juga dikenal sebagai seorang pebalap, baru-baru ini mengalami kecelakaan saat mengendarai Toyota GR Yaris. Video yang memperlihatkan insiden tersebut diunggah oleh akun YouTube Toyota Times Global beberapa waktu lalu, meskipun kecelakaan sebenarnya terjadi pada Desember 2023 di Toyota Technical Center Shimoyama.

Dalam video tersebut, Morizo sedang mengetes GR Yaris bersama pereli asal Jepang, Norihiko Katsuta, sebagai navigator. GR Yaris yang digunakan sudah berspesifikasi reli gravel. Saat melakukan tes, Toyoda menarik rem tangan GR Yaris untuk menikung ke kiri dengan kencang sebelum mencoba meluncur ke kanan melalui tikungan tajam. Namun, ia berbelok terlalu dini dan menabrak gundukan kerikil dan bebatuan di tikungan.

Dok. Youtube Toyota Times Global
Dok. Youtube Toyota Times Global

Dampak dari tabrakan tersebut membuat GR Yaris yang dikendarai Morizo langsung terbalik. Beruntung, Toyoda dan Katsuta keluar dalam keadaan selamat tanpa luka sedikit pun. Insiden ini menunjukkan betapa kerasnya Toyota mengetes produknya. Toyota memutuskan untuk memajang mobil tersebut di pusat penelitian dan pengembangan sebagai contoh uji ketahanan produk.

Toyota sebenarnya bisa saja memperbaiki hot hatch tersebut. Namun, mereka lebih memilih untuk menjadikannya sebagai bukti nyata dedikasi mereka terhadap pengujian dan pengembangan produk. Terlihat atap mobil penyok dan kaca depan pecah, menunjukkan betapa ekstremnya kondisi pengujian yang dilakukan oleh Toyota.

× Image