Home > Motor

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ES 2024 Meluncur di Malaysia, Ini Spesifikasinya

Lebih Bertenaga dan Nyaman, Dengan Fitur Canggih Terbaru
Dok. Paultan
Dok. Paultan

MOTORESTO.ID, MALAYSIA -- Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ES 2024 yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya diperkenalkan di Malaysia. Lebih dikenal dengan sebutan “Africa Twin”, motor ini menghadirkan sejumlah revisi penting, termasuk peningkatan tenaga dan kenyamanan yang lebih baik.

Dilansir dari Paultan, Sorotan utama dari Africa Twin 2024 adalah mesin 1084cc berpendingin cairan, OHC, paralel-twin yang menghasilkan torsi puncak 7% lebih banyak. Tenaga maksimalnya sebesar 75 kW pada 7.500 RPM dan torsi maksimum mencapai 112 Nm pada 5.500 RPM. DCT (Dual Clutch Transmission) telah direvisi untuk memberikan nuansa yang lebih natural selama akselerasi awal, terutama antara gigi pertama dan kedua.

Mode “M” (manual) tetap dipertahankan, memungkinkan pengendara mengganti gigi dengan menekan tombol yang dipasang di stang. Pengendara juga dapat beralih antara mode “D” (drive) dan “S” (sport). Revisi lebih lanjut pada DCT mencakup deteksi tanjakan, untuk menghindari perpindahan girboks saat sepeda dalam keadaan miring.

Suspensi Showa Electronically Equipped Ride Adjustment (Showa EERATM) kini menjadi standar, bukan lagi opsi seperti pada Africa Twin sebelumnya. Sistem ini secara otomatis menyesuaikan gaya redaman berdasarkan kondisi berkendara, dengan empat mode suspensi (MID, HARD, SOFT, OFFROAD) dan mode USER yang bisa dipilih.

Throttle ride-by-wire tetap dipertahankan untuk memberikan bantuan elektronik melalui fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), yang kini dikelola oleh sistem pengukuran inersia enam sumbu (IMU). Pengendara dapat memilih salah satu dari empat mode berkendara: TOUR, URBAN, GRAVEL, atau OFF-ROAD. Selain itu, tersedia Wheelie Control dengan 3 level yang bisa dipilih. Sistem pengereman ABS yang bekerja sama dengan IMU menawarkan solusi pengereman lebih aman di semua sudut kemiringan, dengan opsi mematikan ABS belakang untuk berkendara off-road.

Dok. Paultan
Dok. Paultan

Roda depan 19 inci meningkatkan stabilitas jalan sambil mempertahankan kemampuan off-road. Jarak bebas ke tanah minimal 220 mm, dan ketinggian tempat duduk dapat diatur antara 820 mm dan 840 mm tanpa alat. Kursi baru dengan bantalan lebih tebal 15mm dan area lebih luas 8mm memberikan kenyamanan lebih selama perjalanan jauh.

Africa Twin 2024 menampilkan fairing depan yang didesain ulang untuk defleksi angin yang lebih baik, mengurangi hembusan angin ke tubuh pengendara. Multi Information Display (MID) TFT 6,5 inci mengintegrasikan Apple CarPlay dan Android Auto.

Dok. Paultan
Dok. Paultan

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ES 2024 akan tersedia mulai 19 Juni 2024 dalam dua pilihan warna yakni Mat Ballistic Black Metallic dan Pearl Glare White dengan harga RM 119,388 (sekitar Rp415,8 jutaan) off the road.

Di Indonesia, Africa Twin Adventure Sports juga dijual oleh Astra Honda Motor (AHM) dengan harga mulai dari Rp620,7 juta untuk tipe manual dan Rp659,8 juta untuk tipe DCT, On The Road DKI Jakarta.

Dok. Paultan
Dok. Paultan
× Image