Home > Mobil

Lama Hengkang Dari WRC, Lancia Kembali Gunakan Ypsilon HF

Lancia Kembali ke Dunia Reli: Hadirkan Ypsilon HF All-Electric dan Program Rally4
Lancia Ypsilon HF Dok. Lancia
Lancia Ypsilon HF Dok. Lancia

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Setelah bertahun-tahun spekulasi, Lancia siap kembali berkompetisi di Kejuaraan Reli Dunia (WRC) dengan Ypsilon HF all-electric dan program Rally4, menandai kembalinya pabrikan Italia yang legendaris.

Menjelang WRC Sardinia akhir pekan ini, Lancia mengumumkan kembalinya mereka ke dunia reli. Pabrikan Italia ini, yang terkenal dengan 10 gelar konstruktor antara tahun 1974 dan 1992, akan menghidupkan kembali merek HF (High Fidelity) yang terkenal. Pada bulan Maret lalu, Lancia memperkenalkan Ypsilon HF all-electric berkinerja tinggi dan mengumumkan program Rally4 dengan mesin pembakaran.

Dikutip dari Motorsport, Versi Rally4 dari Lancia Ypsilon HF akan didukung oleh mesin tiga silinder 1,2-liter turbocharged yang mampu menghasilkan 212 tenaga kuda. Langkah ini mengikuti tren kelas Rally4 berbasis produksi dua roda, yang dianggap sebagai rute paling memungkinkan untuk kembalinya Lancia ke kompetisi reli. Sebagai bagian dari Stellantis Group, Lancia bergabung dengan Peugeot 208 Rally4 dan Opel Corsa Rally4, yang juga didasarkan pada platform yang sama dan menggunakan elemen umum seperti mesin, girboks, dan konsep suspensi.

Lancia terkenal dengan produksi Delta dan Delta Integrale yang mendukung Juha Kankkunen dan Miki Biasion meraih empat gelar pereli antara tahun 1987 dan 1991. Mereka juga memenangkan gelar konstruktor di Grup B WRC dengan mobil 037 pada tahun 1983 dan sebelumnya, meraih tiga titel konstruktor berturut-turut dengan mobil Stratos dari tahun 1974 hingga 1976.

Spesifikasi Ypsilon HF Rally4

Lancia Ypsilon Rally4 HF dilengkapi dengan mesin 1,2 liter turbocharged tiga silinder empat katup per silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 212 hp. Dengan penggerak roda depan, transmisi mekanis 5-percepatan, dan diferensial selip terbatas mekanis, model ini adalah solusi ideal bagi penggemar reli serta pengemudi yang bercita-cita meraih kemenangan dalam kategori R4 dan kejuaraan penggerak dua roda.

× Image