Home > Mobil

Toyota Recall 130 Ribu Prius Gara-Gara Ini

Toyota Prius ditarik kembali karena masalah saklar pintu
Dok. BestCarWeb
Dok. BestCarWeb

MOTORESTO.ID, JEPANG -- Toyota telah mengumumkan penarikan kembali model Prius mereka saat ini karena masalah pada saklar buka elektrik pada pegangan pintu belakang. Dalam pengumuman yang dilakukan pada tanggal 17 April, Toyota menyatakan bahwa masalah tersebut dapat menyebabkan pintu belakang terbuka secara tidak sengaja, terutama jika terkena air, seperti saat mencuci mobil. Bahkan Produksi Toyota Prius dilaporkan dihentikan pada bulan April ini.

Dilansir dari BestCarWeb, Sebanyak 135.305 unit diproduksi antara 24 November 2020 dan 3 April tahun ini, dan Toyota berencana untuk mengganti saklar tersebut dengan produk penanggulangan yang aman.

Namun, sampai produk penanggulangan tersedia, Toyota telah menyarankan pelanggan untuk mengambil tindakan sementara dengan melepas sekring yang mengontrol saklar tersebut. Ini akan membuat saklar berhenti beroperasi dan membatasi pembukaan pintu hanya untuk pengoperasian manual.

Dok. Toyota
Dok. Toyota

Terkait hal ini, terdapat trik sederhana yang dapat dilakukan untuk membuka pintu belakang Prius secara manual. Di bawah pegangan pintu belakang terdapat tombol pengoperasian manual yang tersembunyi. Untuk membuka pintu, pengguna dapat menekan tombol tersebut dengan jempol, sementara menggenggam pegangan pintu dengan tangan yang lain. Dengan menekan tombol tersebut, pintu belakang dapat dibuka secara manual. Tentu saja, penting untuk memastikan bahwa pintu terkunci sebelum mencoba membukanya secara manual.

Toyota sangat menyarankan para pemilik Prius untuk segera mengunjungi dealer terdekat mereka untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, seperti melepas sekring. Sampai masalah ini teratasi sepenuhnya, penting untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Toyota.

× Image