Home > Mobil

Toyota Lakukan Recall Produk Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross, Ada Apa ?

Toyota melihat recall sebagai kaizen (perbaikan berkelanjutan) dan tanggung jawab atas produk yang dibuat.
Tampak perawatan mobil Toyota di Auto 2000. (Ilustrasi)   dok Auto 2000
Tampak perawatan mobil Toyota di Auto 2000. (Ilustrasi) dok Auto 2000

MOTORESTO.ID,JAKARTA--PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan aktivitas recall pada produk yang sudah beredar di masyarakat yakni Toyota Sienta, Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross Tahun Produksi Tertentu.

PT TAM menghimbau pemilik Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 untuk melakukan pengecekan dan perbaikan Front Garnish Pillar Clip yang berada di pilar depan (pilar A) di bengkel resmi Toyota terdekat.

Toyota melihat adanya potensi kebocoran udara pada pilar depan karena performa sealer yang kurang maksimal sehingga berisiko mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu, seperti pada pintu geser elektrik jika tidak segera ditingkatkan kekuatan sealer.

PT TAM juga mengajak pemilik Toyota Avanza tahun produksi November 2022 dan Toyota Veloz tahun produksi November 2022 untuk melakukan perbaikan Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya.

Toyota melihat bahwa perangkat keselamatan tersebut berisiko tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga kurang memberikan perlindungan yang optimal saat terkena benturan dari samping jika tidak segera memperbaiki strukturnya.

Toyota menilai ada kemungkinan masalah pada Front Shock Absorber Nut yang ditemui pada Toyota Veloz tahun produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Toyota Avanza tahun produksi November 2021 – September 2023, Toyota Vios tahun produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Toyota Yaris Cross tahun produksi Mei – September 2023.

Instruksi pengencangan yang tidak tepat dapat membuat mur menjadi kendur sehingga menimbulkan suara tidak normal bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju di jalan.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf kepada pelanggan atas kondisi tidak nyaman untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota dalam rangka perbaikan parts model tertentu. Program recall ini merupakan wujud komitmen Toyota untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan.

"Kami menghimbau pelanggan agar segera memeriksa apakah mobilnya masuk ke dalam daftar unit yang mendapatkan recall, agar segera dapat melakukan proses perbaikan pada komponen tersebut di bengkel resmi Toyota tanpa ada biaya apapun,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan di laman resmi Toyota Astra Motor.

Recall mungkin terdengar negatif bagi sebagian orang, namun Toyota melihatnya sebagai bentuk kaizen (perbaikan berkelanjutan) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki pelanggan. Meskipun sudah beberapa tahun di tangan pelanggan, ketika ditemukan adanya ketidaksesuaian dari produk yang dipasarkan ke masyarakat, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, Toyota akan segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

Perbaikan Front Garnish Pillar Clip Toyota Sienta

Toyota Sienta dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin yang digunakan untuk menutup lubang klip. Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan udara, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga udara dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

Jika sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat. Selain itu, pintu geser elektrik pada Toyota Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara dengan kecepatan berapapun, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.

Perbaikan Front Door Side Impact Beam Toyota Avanza dan Veloz

Toyota Avanza dan Toyota Veloz dilengkapi fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cidera saat ditabrak mobil lain atau mengenai obyek seperti pohon dari samping. Toyota menemukan bahwa proses pengelasan Side Door Beam sisi depan kanan atau posisi pengemudi ternyata kurang tepat atau kurang sempurna.

Kondisi ini kemungkinan besar akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika dibutuhkan dalam situasi darurat. Jika Toyota Avanza dan Toyota Veloz dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. Dalam kasus terburuk, ada potensi Front Door Side Impact Beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan cidera serius pada pengemudi.

Perbaikan Mur Shock Absorber Depan Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross

Setiap mobil memiliki komponen suspensi seperti shock absorber untuk meredam guncangan saat mobil melaju di jalan. Toyota menemukan bahwa instruksi pengencangan Front Suspension Nut atau mur suspensi depan bagian atas pada Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross, ternyata kurang tepat atau kurang sempurna di mana pengencangan torsi mur mungkin tidak cukup untuk menjaga kekuatan.

Akibatnya jika kendaraan beroperasi terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendur sehingga menimbulkan gangguan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. Dalam situasi terburuk, Anda dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentu akan berbahaya karena shock absorber depan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan penambahan torsi kekencangan pada mur pengunci shock absorber depan dan atau mengganti beberapa komponen terkait jika diperlukan. Durasi pengerjaan sekitar 0,5 jam atau 30 menit tergantung dengan pemeriksan, di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Khusus untuk perbaikan Front Shock Absorber Nut , akan dilakukan secara bertahap.

Pelanggan disarankan agar melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota dapat mempersiapkan lapak , teknisi, perkakas, dan pengganti suku cadang. Selain tentunya memastikan pemilik kendaraan Toyota yang mendapat panggilan, tidak perlu menunggu antrian terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

× Image