Home > Kuliner

Tambora, Batik Khas Jakarta Jarang Yang Tahu

Batik khas Betawi ini unik karena ada motif khas Jakarta banget, si kepala ondel-ondel.
Jakarta punya ciri khas sendiri dalam batik, Tambora salah satunya.
Jakarta punya ciri khas sendiri dalam batik, Tambora salah satunya.

MOTORESTO.ID,JAKARTA - Jakarta ada batik ? ada dong, namanya Batik Tambora. Batik khas Betawi ini unik karena ada motif khas Jakarta banget, si kepala ondel-ondel.

Kebetulan di Indoensia ada Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober menjadi suatu momentum wajib dirayakan oleh masyarakat Indonesia biasanya ditandai dengan menggunakan busana batik.

Hotel Ibis Jakarta Senen dalam hal ini sebagai salah satu bagian dari Accor Group juga ikut merayakan, bahkan pada tahun 2023 ini berkolaborasi dengan salah satu UMKM Pengrajin Batik di Jakarta yaitu Batik Betawi Tambora.

“Karena hotel Ibis Jakarta Senen berlokasi di Jakarta, maka kami ingin mengambil konsep berkolaborasi dengan UMKM Batik yang berfokus pada motif Batik Betawi khas Jakarta, dan akhirnya kami menemukan Batik Betawi Tambora” ucap Eclaire Jane Clements selaku Marketing Communication Hotel Ibis Jakarta Senen.

“Ini jadi point selling untuk mereka dan tamu hotel Ibis Jakarta Senen yang menginap disini bisa notice kalau ada motif batik unik seperti ini“ lanjut Jane.

Rayakan Hari Batik Nasional 2023, Hotel Ibis Jakarta Senen Gandeng UMKM Batik Betawi Tambora

Seiring dengan semakin kreatifnya dunia industri batik yang tidak hanya memproduksi di bidang fashion tetapi semakin banyak UMKM penggiat Batik yang mulai berkreasi untuk memadukan motif batik terhadap karya kerajinan tangan seperti kipas, pouch, dompet, gantungan kunci, bros, dan lain-lain.

Ibis Jakarta Senen ingin moment ini tidak dirayakan hanya pada tanggal 2 Oktober saja tetapi mereka ingin menghadirkan suasana KarnavALL Batik Nusantara di lobi, serta dihadirkan juga paket Batik Stay bagi para tamu yang ingin merasakan pengalaman menginap dengan unsur batik.

“Minimum menginap selama 2 (dua) malam pesan melalui web direct all.accor.com atau aplikasi ALL ACCOR akan mendapatkan harga special, souvenir Batik, welcome cake Batik, dan dapat berbelanja produk batik dari Batik Betawi Tambora” kata Jane dengan antusias.

× Image