Home > Kuliner

Jika Ke Pacitan, Jangan Lupa Mampir Museum Galeri SBY-Ani

Hasil fotografi Ani Yudhoyobo dan lukisan Susilo Bambang Yudhoyono ada di museum ini.
Di Museum SBY, kita bisa melihat sedan Volvo pertama dipakai presiden ke-6 kita ini.
Di Museum SBY, kita bisa melihat sedan Volvo pertama dipakai presiden ke-6 kita ini.

MOTORESTO.ID, PACITAN - Museum dan Galeri SBY-Ani resmi dibuka pada Agustus 2023 silam dan dibuka untuk umum, terletak di Kabupaten Pacitan.

Museum seluas 7.500 m2 itu didirikan oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono sebagai bentuk dedikasinya kepada masyarakat Indonesia dan mendiang istrinya, Ani Yudhoyono.

Bagian museum merangkum sepak terjang Presiden ke-6 Republik Indonesia sejak masa mudanya di Pacitan hingga akhir jabatannya, serta berbagai krisis dan pencapaian Indonesia di bawah masa kepemimpinannya.

Sedangkan koleksi barang-barang seni, batik, tenun, hasil fotografi Ani Yudhoyobo dan lukisan Susilo Bambang Yudhoyono dapat disaksikan di Galeri Ani Yudhoyono.

Resminya museum ini merupakan bentuk pelestarian memori perjalanan bangsa. Di dalamnya terangkum beberapa momentum terpenting bangsa Indonesia.

Keberadaan museum ini dapat memberikan edukasi bagi masyarakat terkait sejarah Indonesia di berbagai zaman, dan membangun rasa nasionalisme lebih jauh.

Apalagi, museum ini diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78.

Museum ini dapat menjadi sarana wisata edukasi baru bagi para pelajar di wilayah Pacitan. Keberadaan museum ini juga dapat memantik animo wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Mataraman.

Sementara itu, Mantan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan harapannya agar museum ini dapat menjadi penyeimbang bagi dunia ilmu pengetahuan, hukum, dan politik di Indonesia.

Menurutnya, kesenian dan budaya akan menjadi katalis moral yang baik dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

× Image