Home > Mobil

Toyota Luncurkan Dua GR Yaris Edisi Terbatas, Cuma 100 unit

Toyota Perkenalkan GR Yaris Ogier Edition dan Rovanper Edition di Jepang
GR Yaris RZ
GR Yaris RZ "High performance・Ogier Edition dan GR Yaris RZ "High performance・Rovanperä Edition. Dok Toyota Global

MOTORESTO.ID, JAKARTA – Kemarin TOYOTA GAZOO Racing (TGR) luncurkan dua varian terbatas dari GR Yaris. Yakni, GR Yaris RZ "High performance・Sébastien Ogier Edition" (Ogier Edition) dan GR Yaris RZ "High performance・Kalle Rovanperä Edition" (Rovanperä Edition).

Dua model GR Yaris ini lahir dari GR Yaris yang berevolusi di Rallye Monte Carlo, yang merupakan putaran pertama Kejuaraan Reli Dunia (WRC) FIA 2024. Kedua mobil tersebut dapat dimiliki konsumen melalui sistem lotere di Jepang dan akan dimulai pada musim semi ini.

Sebelumnya, kedua model ini sudah pernah diperkenalkan tahun lalu di Tokyo Auto Salon 2023, yang merupakan GR Yaris edisi khusus yang diawasi oleh anggota TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR-WRT) Sébastien Ogier, yang telah memenangkan gelar pembalap WRC secara total. delapan kali , dan Kalle Rovanperä yang berturut-turut meraih gelar juara WRC pada tahun 2022 dan 2023.

Kedua mobil ini dikembangkan berdasarkan keinginan Presiden Direktur Toyota, Akio Toyoda alias Morizo untuk

“Model ini hadir untuk memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada para pembalap yang mengasah dan mengembangkan mobil kami dalam reli, kepada semua tim yang memberikan kami kesempatan tersebut" Katanya.

Selain masukan dari kedua pengemudi yang telah dimasukkan ke dalam perubahan interior dan eksterior serta kontrol 4WD, program pengalaman khusus terkait TGR-WRT direncanakan untuk pembeli edisi khusus dengan harapan mereka dapat ikut serta dalam kemeriahan WRC.

GR Yaris Ogier Edition Dok. Toyota Global
GR Yaris Ogier Edition Dok. Toyota Global

Masing-masing model memiliki perbedaan yang khas. Seperti misalnya, Edisi Sébastien Ogier dengan warna "Matte Stealth Grey" dengan kaliper warna biru sedangkan untuk edisi Rovanperä menggunakan livery warna yang mirip dengan mobil dan helmnya di WRC.

Setiap model memiliki 3 mode berkendara yang berbeda. Pada edisi Sébastien Ogier, terdapat mode normal, Sebastian, dan Morizo. Mode Sebastian fokus pada pengendalian roda belakang, sementara mode Morizo menekankan traksi dan belokan tinggi dengan pengekangan maksimal pada roda depan dan belakang selama akselerasi.

Pada edisi Rovanperä, terdapat mode Normal, DONAT, dan Kali. Mode DONAT didesain untuk drifting dengan penahan maksimal pada roda depan dan belakang. Mode Kali memaksimalkan penggunaan diferensial belakang untuk mengayunkan bagian belakang kendaraan saat masuk tikungan dan menarik bagian depan saat keluar, meningkatkan performa balapan.

Kedua model ini hanya dipasarkan di Jepang alias JDM (Jepanese Domestic Market) dan hanya dijual sebanyak 100 unit untuk masing-masing model. Namun Toyota tidak membeberkan harga resmi dari kedua mobil tersebut

× Image