Home > Umum

Konsumen Toyota Tidak Perlu Khawatir, Ada apa?

Toyota Astra Motor (TAM) hentikan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia. Khususnya untuk produk yang dikembangkan

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Menanggapi berita yang berkembang baru-baru ini, Toyota Astra Motor (TAM) hentikan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia. Khususnya untuk produk yang dikembangkan bersama Daihatsu.

Penghentian ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur sertifikasi uji tabrak yang tidak sesuai standar oleh Daihatsu Motor Co. Ltd (DMC) yang diumumkan tanggal 28 April 2023 lalu. Berdasarkan hasil investigasi komite independen yang dibentuk, ditemukan 64 model kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan termasuk yang sudah berhenti diproduksi serta tiga mesin sebagai brand Daihatsu maupun untuk dipasarkan sebagai brand Toyota. Tidak semua model-model ini dijual di Indonesia, namun sebagian merupakan produk ekspor.

DMC dan TMC (Toyota Motor Corporation) juga lakukan penundaan sementara pengiriman kendaraan untuk pasar domestik dan pasar di luar Jepang, hingga mendapatkan konfirmasi dari otoritas dan pemangku kepentingan terkait.

DMC dan TMC menyatakan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh stakeholder khususnya pelanggan, diler, supplier, dan seluruh pihak terkait atas ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan.

Sehubungan dengan hal itu, pihak Toyota Indonesia dan Daihatsu Indonesia berkoordinasi penuh dengan pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus ini. Dan telah diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. 

Sesuai arahan prinsipal, produksi untuk pasar ekspor akan ditangguhkan sementara, menunggu konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor. Akan diupayakan sesegera mungkin untuk mendapatkan konfirmasi, sehingga dapat memenuhi permintaan ekspor sesuai rencana.

× Image