Home > Umum

Pahami Fitur ESP Agar Berkendara di Jalan Raya Tetap Aman

pada sejumlah kendaraan modern kini tersedia fasilitas keselamatan berkendara dengan memanfaatkan fitur Electronic Stability Program (ESP).

MOTORESTO.ID,JAKARTA--Musim hujan yang terjadi belakangan ini menuntut perhatian serius para pengendara. Jalanan yang licin atau lubang yang tertutup genangan air, kerap menjadi pemicu terjadinya musibah kecelakaan.

Selain berhati-hati dalam mengemudi, pada sejumlah kendaraan modern kini juga tersedia fasilitas keselamatan berkendara dengan memanfaatkan fitur Electronic Stability Program (ESP). Fitur canggih ini berperan signifikan untuk menjaga mobil tetap stabil dan memberi kontrol lebih pada pengemudi dalam kondisi berbahaya.

"Dengan membiarkan fitur ESP aktif, pengemudi dapat lebih rileks saat mengemudi karena ESP akan berperan cepat mendeteksi kondisi perjalanan dan manuver mobil," kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales.

ESP secara otomatis melakukan koreksi dari sistem pengereman maupun kestabilan jika diperlukan untuk mendapatkan traksi terbaik yang memberikan rasa aman bagi pengemudi. Sejumlah kendaraan produk Suzuki masa kini seperti Grand Vitara, New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, Baleno, Jimny, Ignis hingga S-Presso telah memiliki fasilitas ESP.

ESP merupakan sebuah sistem keselamatan aktif yang dirancang untuk membantu menjaga stabilitas saat menikung jika roda depan atau roda belakang tergelincir, serta mempertahankan traksi pada saat terjadi percepatan pada permukaan jalan yang tidak rata atau licin.

Dengan kata lain, ketika Electronic Stability Program (ESP) mendeteksi potensi selip atau kehilangan traksi pada roda, maka sistem ESP akan secara otomatis meresponnya dengan cara mengurangi tenaga mesin atau membagi tenaga pada roda penggerak yang lebih memerlukan. Serta mengendalikan tekanan pengereman kepada roda secara selektif sehingga mengurangi resiko kecelakaan.

× Image