Gojek Permudah UMKM Dengan Fitur Promo dan Iklan GoFood
MOTORESTO.ID, JAKARTA - Go-Food, Layanan online food delivery dari Gojek dan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mempermudah mitra usaha menjangkau pelanggan lebih luas dengan Iklan GoFood. Dengan menghadirkan penawaran Combo Promo dan Iklan GoFood, yakni paket gabungan yang bertujuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan transaksi. Yang berpotensi menggaet pelanggan jelang liburan natal dan tahun baru (Nataru)
Combo Promo dan Iklan GoFood terdiri dari satu Iklan GoFood dan beberapa opsi Diskon Persentase untuk tipe Diskon Total Belanja yang dapat dipilih oleh mitra usaha. Melalui penawaran ini, merchant milik mitra usaha dapat muncul pada beberapa halaman strategis GoFood di aplikasi Gojek.
“GoFood memberikan solusi mudah bagi para mitra usaha untuk mendapatkan visibilitas yang lebih luas lewat Promo dan Iklan GoFood sekaligus. Hal ini juga sejalan dengan strategi Grup GoTo dalam menyediakan ekosistem dan solusi untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM” ujar Head of Food and Ads Business Gojek Satria Situmorang
Solusi Iklan GoFood kini hadir lebih baik dengan keunggulan yang lebih praktis dan efektif, terlebih di tengah era digital. Riset dari Twimbit[2] menjelaskan pengeluaran UMKM di Indonesia untuk digital marketing diprediksikan tumbuh 10% per tahun atau mencapai Rp47 triliun pada 2027.
Beberapa manfaat menggunakan strategi menjalankan Promo dan Iklan GoFood secara sekaligus melalui Combo Promo dan Iklan GoFood, yakni:
- Dapatkan visibilitas lebih tinggi. Mitra usaha dapat memiliki visibilitas lebih tinggi dengan muncul di banyak halaman strategis di GoFood.
- Menarik lebih banyak pelanggan. Mitra usaha memiliki peluang lebih tinggi untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli dengan menjalankan iklan dan promo secara bersamaan.
- Biaya terjangkau. Lebih hemat biaya dibandingkan dengan menjalankan Promo dan Iklan GoFood secara terpisah.
Menurut Lembaga Demografi FEB UI. Lebih jauh, data internal Gojek menunjukkan Iklan GoFood membantu meningkatkan visibilitas mitra usaha hingga 15%.
Salah satunya Pemilik Ayam Geprek Express Mingan, yang juga mitra GoFood sejak 2020, menjelaskan manfaat yang dirasakan outletnya sejak menggunakan Iklan GoFood,
“Sekarang lebih gampang dengan Iklan GoFood untuk mendapatkan pelanggan baru. Awalnya saya pakai Iklan GoFood, dan dari situlah, Alhamdulillah, ada kenaikan (omzet) sampai 45% dari beriklan.”
Mingan juga membagikan trik beriklan dengan Iklan GoFood, yakni dengan mengombinasikan Promo dan Iklan GoFood, “Triknya, kalau ingin beriklan itu sebaiknya dibarengi dengan promo. Selain itu, kita harus tahu obyektif untuk apa, misalnya untuk menambah pelanggan baru”
Cara menggunakan Combo Promo dan Iklan di aplikasi GoBiz:
- Buka halaman Promo, lalu pilih Combo Iklan & Diskon di bagian rekomendasi paket.
- Setelah halaman pengenalan, mitra cukup klik “Lanjut” dan “Coba Combo Iklan & Diskon”
- Pilih dan cek detail promo sesuai dengan kebutuhan
- Selanjutnya, klik “Konfirmasi & Daftar” untuk mendaftar pada paket Combo Iklan & Diskon.
Promo dan Iklan GoFood dapat berjalan di tanggal yang sama sehingga membuat resto semakin sering dilihat sekaligus menarik pelanggan untuk langsung melakukan transaksi pada saat yang sama.
Biaya Iklan GoFood akan dipotong otomatis dari saldo GoBiz setiap hari, sesuai dengan jumlah klik. Sedangkan, pelanggan akan mendapatkan promo potongan jika pesanan pelanggan mencapai minimum pembelian. Laporan performa dapat dicek secara transparan melalui aplikasi GoBiz halaman Riwayat Promo dan melalui email maksimal dua hari setelah program berjalan.