Home > Umum

Cara Maksimalkan Head Unit Agar di Jalan Tidak Membosankan

Sebagai perangkat hiburan head unit mobil dapat dikatakan sebagai saraan penting dalam berkendara agar tidak membosankan

MOTORESTO.ID,JAKARTA – Sebagai perangkat hiburan head unit mobil dapat dikatakan sebagai saraan penting dalam berkendara. Fungsinya sebagai sarana hiburan dapat memecahkan kesunyian dan memantik kegembiraan dalam perjalanan.

Menyanyikan lagu favorit (carpool karaoke) bersama penyanyi pujaan atau sekedar mendengarkannya dapat mengobati kejenuhan dalan berkendara. Namun sayangnya tidak banyak pemilik kendaraan yang dapat memaksimalkan fungsi head unit atau sistem tata suara yang ada di kendaraannya.

Apalagi di kendaraan modern, head unit tidak sekedar alat memutar lagu pilihan tapi juga berperan sebagai peta jalan agar tidak mudah tersasar atau terjebak di kemacetan lalu litas.

"Kami selalu memikirkan kenyamanan pengguna salah satunya lewat inovasi head unit dan fitur audio agar pengalaman berkendara nyaman dan tidak membosankan selama perjalanan," kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Agar dapat memaksimalkan fitur bawaan  sistem audio pada Baleno, Suzuki
memberi tips cara mengoperasikan elemen kontrol dan fitur lainnya agar pengalaman
carpool karaoke semakin berkesan.

1. Gunakan Fitur Konektivitas Ponsel Pintar pada head unit.


Mayoritas mobil Suzuki kini sudah dibekali dengan head unit modern yang mampu terkoneksi dengan dengan ponsel pintar.

Suzuki Baleno dan Grand Vitara yang dibekali head unit berukuran 9 inch dengan desain floating juga sudah memiliki fitur sambungan langsung dengan ponsel pintar seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Ini sangat memudahkan pengguna dalam perjalanan karena akses untuk hiburan, mengatur navigasi arah.

Pengguna Apple CarPlay sebagai contoh, hanya perlu menyalakan sambungan bluetooth dan secara instan akan muncul pop up yang menawarkan sambungan Apple CarPlay atau bluetooth ke head unit mobil. Konektivitas dapat dilakukan secara nirkabel ataupun menggunakan kabel USB dan head unit akan langsung tersambung. Cara yang sama juga berlaku untuk pengguna android melalui Android Auto.

2. Mengontrol volume dan pilihan musik lewat tombol kendali di setir mobil


Menikmati musik di dalam mobil kini jauh lebih menyenangkan berkat tuas kontrol pada roda kemudi. Biasanya tuas kontrol untuk hiburan dapat ditemukan pada sisi kiri kemudi. Pengguna kendaraan bisa menaikkan atau menurunkan volume suara, memindahkan pilihan musik maju atau mundur, dan berpindah frekuensi siaran dalam jangkauan sembari tetap fokus pada kondisi mengemudi.

Pengguna bahkan bisa memanfaatkan fitur voice command atau perintah suara untuk mengakses daftar putar atau mencari musik favorit namun tetap nyaman dan aman saat menyetir. Tuas kontrol lainnya seperti mengangkat atau menutup panggilan telepon, mengganti mode sumber audio, hingga membisukan suara audio juga bisa dilakukan lewat tombol yang bisa dijangkau dengan mudah.

3. Manfaatkan pengaturan Equalizer untuk memaksimalkan pengalaman carpool karaoke


Suzuki Baleno dan Grand Vitara telah dilengkapi dengan sistem audio yang terpasang di dashboard dan pintu mobil untuk memastikan kualitas suara yang seimbang di seluruh bagian mobil. Bagi para pecinta musik, tentu akan selalu mencari pengalaman mendengarkan lagu yang menyenangkan lewat pengaturan ulang frekuensi suara pada equalizer mobil.

 

× Image