Home > Umum

Gandeng SMK, Suzuki Peduli Pendidikan Gelar Kompetisi Mekanik

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki visi untuk membangun generasi penerus, salah satunya lewat kontribusi di bidang pendidikan.

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki visi untuk membangun generasi penerus, salah satunya lewat kontribusi di bidang pendidikan. Suzuki Indonesia secara konsisten melakukan berbagai upaya edukasi kepada para siswa lewat program Suzuki Peduli Pendidikan.

Itu diwujudkan lewat Kompetisi Mekanik Antar SMK yang telah berlangsung selama 3 tahun terakhir. Suzuki menyasar insan muda khususnya siswa SMK yang menempuh studi di bidang Teknik Kendaraan Ringan (TKR) untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di lapangan pekerjaan.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS mengungkapkan Suzuki berkomitmen mendukung pendidikan di Indonesia melalui berbagai upaya seperti pelatihan dan sumbangan mobil hingga mesin untuk kebutuhan pembelajaran.
“Dukungan tersebut kami realisasikan dengan berbagai upaya salah satunya memperkenalkan dunia industri khususnya otomotif agar semakin banyak insan muda yang kompeten dan siap bersaing di lanskap industri," katanya.

Selama 3 tahun terakhir Suzuki telah rutin mengadakan Kompetisi Mekanik Antar SMK dengan total partisipan 188 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. "Tahun 2023 ini saja tercatat 136 SMK dari beberapa wilayah seperti Bandung, Semarang, Bangka Belitung, Lampung, Bali, Jakarta, Bekasi, Sulawesi, dan lainnya turut berpartisipasi,” jelas Hariadi.

Dalam 3 tahun terakhir jaringan dealer Suzuki di seluruh Indonesia secara rutin menggelar Kompetisi Mekanik Antar SMK guna menguji kemampuan teori dan praktik tune up mesin, pengecekan rem, dan lainnya. Sebagai kriterianya, SMK yang bisa mengikuti kontes merupakan sekolah yang memiliki jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atau SMK yang bekerjasama dengan jaringan dealer resmi Suzuki.

Kesuksesan rutinitas penyelenggaraan kontes seperti yang telah dilaksanakan di Semarang dan Bangka Belitung menjadi inspirasi untuk menyelenggarakan hal serupa di beberapa kota lainnya pada tahun 2023.

Seperti Bali, Jakarta, Bekasi, Tangerang dan lainnya. Pada beberapa daerah, program ini dinamakan Lomba Kompetisi Siswa (LKS) karena dijalankan dalam kolaborasi dengan pemerintah setempat, sebagai bagian dari aksi pengembangan pendidikan daerah.

Sebagai perusahaan yang turut mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, Suzuki memiliki salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang khusus didedikasikan untuk pelajar yaitu Suzuki Peduli Pendidikan. Program yang telah hadir selama belasan tahun ini memiliki berbagai kegiatan yang telah dilakukan sebagai bentuk nyata dari komitmen Suzuki.

Selain mengadakan Kompetisi Mekanik Antar SMK, Suzuki juga melakukan donasi unit mobil, mesin, dan alat produksi yang masih memiliki nilai guna tinggi untuk pembelajaran. Pada tahun 2021 - 2022 Suzuki telah mendonasikan 11 mesin CNC dan beberapa peralatan produksi seperti jig, guntry, h beam, dan sebagainya ke sekolah kejuruan terpilih di Indonesia.

× Image