Home > Umum

Toyota Bersama Pemerintah Provinsi Bali Atasi Mobilitas di Ubud, Bali

Inisiatif ini merupakan kelanjutan Toyota sebagai penyedia solusi elektrifikasi selama G20 dan wujud komitmen

MOTORESTO.ID, JAKARTA - Toyota Mobility Foundation (TMF) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk Program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART) @ Ubud.

Program tersebut merupakan uji coba ekosistem tertutup selama 6 bulan dari September 2023 hingga Februari 2024.

Toyota melaksanakan program ini bersama Deloitte Future of Mobility Solution Center (Deloitte).

Kemudian dengan dukungan dari Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Bali dan Toyota Indonesia.

Sebagaimana isi Letter of Intent (LOI) dari Pemerintah Provinsi Bali kepada TMF, Program ini bertujuan mendorong mobilitas berkelanjutan melalui transportasi elektrifikasi secara efisien.

Uji Coba


Selama uji coba ini, TMF akan menginvestasikan USD 1,7 juta (Rp26 miliar) dalam uji coba dua solusi mobilitas di Ubud - Bali:

1. Solusi pertama yaitu memperkenalkan sepuluh unit shuttle elektrik (xEV) sesuai kebutuhan yang beroperasi di Ubud Pusat.

Selain itu, beberapa perhentian semuanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari tujuan wisata utama dan juga situs lokal.

2. Solusi kedua merupakan pemasangan 9 layar digital di halte dengan penggunaan yang tinggi sepanjang Rute Trans Metro Dewata.

Layar-layar tersebut akan menginfokan jadwal bus secara real time untuk komuter sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Selain menerapkan dua solusi ini, TMF akan terlibat dalam inisiatif capacity building yang erat dengan peningkatan SDM.

Tujuan akhirnya adalah mengembangkan model bisnis potensial yang berkelanjutan dan layak sesuai dengan kebutuhan mobilitas masyarakat setempat.

Rekomendasi peningkatkan mobilitas di Ubud ini akan membantu pengurangan emisi udara. Kemudian mengurai kemacetan lalu lintas, dan mempromosikan penggunaan transportasi umum dengan teknologi elektrifikasi.

Selain itu, rekomendasi tersebut memungkinkan pemerintah dan stakeholders terkait lainnya dengan minat sama, untuk mengimplementasi dan mereplikasi model tersebut di Bali, Indonesia, dan daerah lainnya.

Latar Belakang


Inisiatif ini merupakan kelanjutan Toyota sebagai penyedia solusi elektrifikasi selama G20 dan wujud komitmen berkelanjutannya kepada masyarakat Indonesia.

TMF memilih Ubud di Bali karena wilayahnya yang ideal untuk implementasi inisiatif ini, terlebih keunggulannya sebagai tujuan wisata populer.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen untuk mengubah Ubud menjadi lingkungan yang ideal untuk implementasi uji coba program ini.

SMART @ Ubud juga sejalan dengan penetapan Bali sebagai zona target kendaraan elektrifikasi dengan target mobilitas listrik Provinsi Bali 2026.

Melalui inisiatif ini, TMF berupaya memahami persyaratan yang tepat dalam membangun kebutuhan kendaraan elekrifikasi, kemudian memahami solusi yang ada.

Namun, TMF juga ingin fokus membantu Pemerintah Provinsi Bali menemukan skenario dan model terbaik untuk setiap jenis kendaraan.

Oleh karena itu, mereka dapat mencapai tujuan bersama untuk mengurangi emisi karbon.

Gambaran Solusi


Solusi yang akan diimplementasikan untuk inisiatif SMART@Ubud antara lain:

Solusi 1: Layanan Smart xEV Shuttle (SMART Shuttle@Ubud) tersedia pada aplikasi pemesanan yang dikembangkan oleh SWAT Mobility untuk meningkatkan kenyamanan transportasi wisatawan dan penduduk setempat.

Untuk mengaktifkan layanan tersebut, penumpang mengunduh aplikasi penumpang dan memilih titik penjemputan dan pengantaran dari halte yang terpilih.

Lima kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) dan lima kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) akan dikerahkan secara gratis selama uji coba, dan operational yang sesuai kebutuhan akan dijalankan bekerja sama dengan komunitas di Ubud.

[caption id="attachment_7600" align="aligncenter" width="300"]Aplikasi penumpang yang akan digunakan uji coba. (Disediakan oleh SWAT Mobility) Aplikasi penumpang pada uji coba ( SWAT Mobility)[/caption]

Solusi 2: Tampilan Jadwal oleh Papercast yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, mampu memvisualisasikan perkiraan waktu kedatangan bus Trans Metro Dewata.

Solusi ini bertujuan meningkatkan pemanfaatan bus umum, sekaligus memberikan kenyamanan dan efisiensi yang lebih besar bagi penumpang dengan memvisualisasikan jadwal bus, peta, dan iklan Point of Interest lainnya.

Selain itu, solusi ini terhubung dengan SMART Shuttle @Ubud untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam merencanakan perjalanan mereka secara keseluruhan dengan lebih baik.

[caption id="attachment_7601" align="aligncenter" width="108"]Rambu Digital Pada Uji Coba. (Oleh Papercast) Rambu Digital Pada Uji Coba. (Oleh Papercast)[/caption]

Pernyataan


Pras Ganesh, Executive Program Director Toyota Mobility Foundation menyatakan, “TMF merancang inisiatif ini untuk memenuhi ketiga prinsipnya.

(1) Sustainability, memastikan solusi yang mampu meningkatkan kualitas hidup penduduk Bali secara lingkungan dan ekonomi yang berkelanjutan.

(2) Inovasi, mendorong pengenalan solusi baru berbasis data dan elektrifikasi, termasuk HEV dan BEV.

(3) Kemitraan, memberdayakan pemangku kepentingan lokal untuk melanjutkan penerapan solusi ini bahkan di luar keterlibatan TMF dengan menyediakan kegiatan capacity building yang selaras dengan kebutuhan setempat.

Kami sedang bekerja untuk membuat cetak biru (blueprint) model bisnis berkelanjutan. Memungkinkan masyarakat Ubud mengukur dampak yang dicapai selama uji coba ini.

Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan solusi ini bersama semua mitra kami yang memiliki tujuan sama yaitu mempromosikan konsep mobility for all dan netralitas karbon”.

× Image