Home > Umum

Gazoo Racing Kembali Hadir di GIIAS 2023, Ini yang Ditawarkan

Toyota Gazoo Racing hadirkan line-up terbaru GR Corolla di booth Toyota GIIAS 2023 di ICE BSD City, Tangerang – Banten, 10–20 Agustus 2023.

MOTORESTO.ID, TANGERANG -- Seiring berjalannya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang – Banten, 10–20 Agustus 2023, Toyota Gazoo Racing menghadirkan line-up terbaru dengan memajang GR Corolla di pameran.

Kehadirannya melengkapi Pure Sport GR sebelumnya yakni GR Supra, GR Yaris, dan GR86.

“Visi ini melampaui trek balap dan diperluas ke kendaraan yang digunakan oleh pelanggan berdasarkan konsep ‘Roads Build People, People Build Cars’.” Ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Sejak lahir pada tahun 1966, Toyota Corolla telah berkembang dari generasi ke generasi menjadi berbagai model sedan, wagonhatchback, dan SUV.

Dengan mesin berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TOYOTA GAZOO Racing (TGR), membuat unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini sanggup ditingkatkan kinerjanya sehingga menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.

Di periode tahun 1970-1990an, nama Corolla sempat terkenal sebagai salah satu kompetitor tangguh di ajang World Rally Championship (WRC).

Untuk mencapai tujuan tersebut, Chairman Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda bersama pembalap Toyota ‘melatih’ hot hatchback ini di berbagai sirkuit balap, hingga balap touring domestik Jepang.

Diciptakan sebagai all-rounder, TGR meningkatkan kinerja sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris agar sesuai dengan spesifikasi GR Corolla.

Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan rasio (Front:Rear), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70.

Hasilnya, GR Corolla mencatat akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik dan top speed dibatasi pada 230 km/jam.

Tersedia pilihan driving mode Normal, Eco, dan Sport yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi.

Sistem pengereman menggunakan rem cakram ventilasi 18 inch di depan dan 16 inch di belakang pada velg alloy 18 inch.

Dengan mempertahankan layout klasik hatchback yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga dapat dipakai untuk mobilitas sehari-hari tanpa perlu mereduksi performanya.

GR Corolla menggunakan bahan aluminium untuk kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu.

Selain itu, panel atapnya terbuat dari Carbon Fibre Reinforced Panel (CFRP) untuk mengurangi bobot kendaraan dan menurunkan pusat gravitasi.

GR Line-up di Pameran GIIAS 2023

Khusus area GAZOO Racing yang berada di booth Toyota Passenger di Hall 5B pada event GIIAS 2023, pengunjung dapat merasakan DNA motorsport Toyota.

Mulai dari Pure Sport GR hingga GR Sport. Pengunjung juga dapat membeli GR merchandise, GR parts, dan bermain GR game simulator.

Melalui GR, Toyota berupaya menyebarkan motorsport excitement dan joy of GR bagi seluruh GR enthusiast di Indonesia.

“Salah satu aspek yang membedakan GAZOO Racing adalah inklusivitasnya yang tidak terbatas pada wilayah tertentu atau sekelompok orang tertentu.

× Image