Home > Umum

Menperin: Industri Otomotif Indonesia Pemain Kunci di Pasar Regional

Kecerdikan dan komitmen dari para pelaku industri otomotif Indonesia telah mendorong sektor otomotif Indonesia menjadi kekuatan global

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Industri otomotif Indonesia telah memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

Dedikasi, kecerdikan dan komitmen dari para pelaku industri otomotif Indonesia telah mendorong sektor otomotif Indonesia ke level baru, menjadikannya kekuatan global.

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (7/8) ketika memberikan arahan langsung kepada para petinggi industri otomotif Indonesia.

Menurutnya untuk menghadapi tantangan dalam upaya terus mengembangkan industri otomotif Indonesia.

Sektor otomotif Indonesia telah menjadi pemain kunci di pasar regional dan menjadi penyumbang signifikan bagi Perekonomian negara.

Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, terobosan teknologi dan pertumbuhan kelas menengah, permintaan mobil meningkat, menjadikan Indonesia sebagai pusat otomotif yang potensial di Asia Tenggara.

“Sektor otomotif di Indonesia tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan baik bagi perusahaan domestik maupun asing," kata Agus.

Capaian 2022


Di sela acara GIIAS Power Dream tersebut, GAIKINDO mewakili industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia.

Khususnya Kementerian Perindustrian, industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi catatan sebelum pandemi.

”Industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi, semua ini berkat dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Kebijakan PPnBM DTP, pembangunan pelabuhan khusus kendaraan Patimban,  perkembangan pesat infrastruktur jalan, pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18% dari tahun sebelumnya telah berdampak positif bagi industri otomotif.

Tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia naik empat peringkat menduduki peringkat ke-11. Penjualan domestik Indonesia juga naik menjadi posisi ke-14 dunia.

Pendekatan agresif dari Kementerian Perindustrian kepada para prinsipal merek kendaraan global, membuat industri otomotif Indonesia  berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit.

”GAIKINDO bersama industri otomotif Indonesia akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi ekspor,” kata Nangoi.

× Image