Home > Umum

Mau Konvoi Lancar dan Aman, Pahami Ini Dahulu

Naik motor berkonvoi memang menimbulkan rasa kebersamaan dan kekompakan, bahkan konvoi yang lancar juga menimbulkan kebanggaan

MOTORESTO.ID,JAKARTA-- Mengendarai mobil atau motor secara konvoi memang menimbulkan rasa kebersamaan dan kekompakan, bahkan konvoi yang lancar juga menimbulkan kebanggaan bagi pesertanya.

Namun, di balik itu agar kegiatan konvoi  lancar wajib memahami aturan berlalu lintas yang barlaku agar tidak menimbulkan masalah dengan pengguna jalan lainnya. Apalagi jalan raya milik bersama.

"Sisi emosional orang terkadang berubah bila sedang berkelompok terutama saat konvoi sepeda motor rute jauh," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani.

Teori psikologi terkait emosi massa atau kelompok ternyata juga bisa berlaku pada seseorang yang menjadi peserta konvoi sepeda motor.

Konvoi banyak peserta sesama hobi hingga rasa kekerabatan yang kental menjadi dasar prilaku peserta akan mengikuti kondisi emosi kelompok konvoi.

Karena itu ada beberapa tips agar kegiatan konvoi dengan sepeda motor tetap seru dan aman bagi pribadi dan pengguna jalan lainnya.

1. Jaga emosi, jangan arogan, ingatlah jalan raya adalah milik seluruh pengguna jalan.

2. Saling mengingatkan peserta konvoi jika ada yang mulai emosi atas kejadian yang ditemui saat berkonvoi.

3. Patuhi semua norma, aturan dan undang undang jalan raya atau lalu lintas.

5. Konvoi bukan selalu jalan berbarengan, sesuaikan ritme berkendara dan kondisi lalu lintas yang ada.

6. Jadilah pengendara bersifat defensif yang selalu waspada dengan semua kondisi jalan, sikap pengendara lain, dan beragam faktor lainnya.

7. Sadar diri, karena konvoi biasanya dilakukan komunitas maka tunjukkanlah sikap berkendara yang dapat munculkan simpati pengguna jalan yang lain.

8. Patuhi road captain yang memimpin jalannya konvoi agar tetap lancar dan aman bagi semua

9. Pahami rute yang akan dilalui, termasuk kepadatan lalu lintasnya agar perjalanan lancar dan aman

 

× Image