Home > Umum

Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, 4 Perusahaan Bangun Fasilitas Ini

Upaya PLN dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik hingga menebar insentif untuk masyarakat perlu mendapatkan dukungan yang luas

MOTORESTO.ID, JAKARTA--Pengadaan fasilitas pendukung kendaraan listrik seperti charging station atau SPKLU, SPBKLU dan SPLU menjadi penting.

Khususnya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar beralih ke kendaraan listrik.

Untuk mewujudkan hal tersebut PT PLN (Persero) menggandeng empat perusahaan di sela acara The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023, Rabu (12/7).

Kebaradaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) guna menunjang ekosistem kendaraan listrik.

"Masyarakat jadi tidak ragu untuk beralih ke kendaraan listrik karena bisa isi daya mobil atau motornya di mana saja," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

PLN juga mempunyai skema kerja sama dalam pengembangan SPKLU maupun SPBKLU ini. Dengan pola kerja sama penyediaan lahan maupun investasi pengadaan SPKLU dan SPBKLU ini PLN menawarkan peluang bisnis masa depan.

Empat perusahaan mendukung komitmen PLN dalam transisi energi sekaligus menyambut peluang bisnis masa depan ini.

Kerja sama dengan PT Exelly Elektrik Indonesia, dan PT Astra Otoparts Tbk, dalam pengembangan infrastruktur SPKLU.

Sedangkan bersama PT Bringin Karya Sejahtera dalam penyediaan infrastruktur SPKLU.

Bersama dengan PT High Volt Technology, PLN akan membangun infrastruktur SPKLU di Rest Area KM 7 Jalan Tol Serpong Pondok Aren dan Rest Area KM 97 Jalan Tol Cipularang Purwakarta.

Panitia Kerja (Panja) Transisi Energi ke Listrik Komisi VI DPR RI mendukung upaya PT PLN (Persero) dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik.

Langkah besar ini perlu mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder.

Iklim Investasi


Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menilai, dalam mendorong penetrasi kendaraan listrik di Indonesia, PLN tak bisa sendiri.

Upaya PLN dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik hingga menebar insentif untuk masyarakat perlu mendapatkan dukungan.

Khususnya lewat iklim investasi maupun kebijakan yang mendorong penuh peralihan kendaraan ini.

Saat ini PLN telah mengoperasikan 616 SPKLU, lebih dari 1.400 SPBKLU dan lebih dari 9000 SPLU. Bahkan untuk SPLU saat ini PLN telah mengembangkan versi terbaru 2.0 yang dilengkapi dengan fasilitas fast charging pada lokasi strategis.

 

 

× Image