Home > Umum

Bagaimana Cara Merawat Lithium Ion Battery Kendaraan Hybrid?

hadirnya lithium ion battery pada kendaraan hybrid tidak membuatnya membutuhan perawatan yang berbeda dari kendaraan konvensional lainnya.

MOTORESTO.ID, JAKARTA-- Secara umum hadirnya lithium ion battery pada kendaraan hybrid tidak membuatnya membutuhan perawatan yang berbeda dari kendaraan konvensional lainnya. Namun, konsumen perlu mengikuti jadwal perawatan rutin ke bengkel resmi.

Di bengkel resmi teknisi profesional akan melakukan pengecekan secara berkala dan menyeluruh untuk memastikan kondisi baterai kendaraan.

Durasi pemakaian baterai ini juga bergantung pada seberapa besar beban kerjanya.

Namun, jika kerusakan akibat kelalaian atau tidak melaksanakan perawatan berkala di bengkel resmi selama masa garansi maka tidak dapat menggunakan jaminan resmi.

Untuk menjaga umur Lithium-ion Battery pada kendaraan hybrid, pelanggan perlu memperhatikan petunjuk seperti berikut:


  • Perbaikan, melepas atau memasang battery harus dilakukan di Diler/Bengkel Resmi Suzuki

  • Penanganan battery atau komponen kelistrikan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera

  • Jangan melewati banjir/genangan air yang menyebabkan baterai terendam atau hindarkan baterai dari air

  • Jangan mencuci baterai dengan air

  • Jangan mengoperasikan battery pada temperatur dibawah -20’C

  • Jangan terpapar pada suhu di atas 140’C

  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak

  • Jangan dibuang bersama dengan sampah rumah tangga umumnya

Agar pelanggan bisa mendapatkan garansi ini, pelanggan hanya perlu berkunjung langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Jangan lupa membawa surat kendaraan dan buku servis. Garansi baterai dari pabrikan kepada pelanggan merupakan bagian dari tanggung jawab produsen kendaraan dalam penjualan setiap unitnya.

Selain itu juga sebagai salah satu dukungan dalam tata kelola limbah industri yang bertanggung jawab dan berorientasi pada lingkungan dan juga regulasi pemerintah.

“Kami memberikan masa garansi dengan waktu yang cukup panjang, Suzuki memperhatikan kualitas, efisiensi, dan ketahanan produk dan terus mendukung terciptanya kendaraan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan,” tutur Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

× Image