Home > Umum

Electrum Siap Bangun Pabrik Motor Listrik

Berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan memiliki kapasitas produksi sampai dengan 250 ribu unit per line pada tahap awal.

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- Electrum merupakan perusahaan gabungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk umumkan pembangunan pabrik motor listrik di Cikarang.

Peletakan batu pertama pabrik merealisasikan komitmen Electrum sebagai salah satu penggagas gerakan pembangun ekosistem kendaraan listrik roda dua.

Berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dengan di lahan seluas tiga hektar, dan memiliki kapasitas produksi sampai dengan 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan memiliki laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian.

Pembangunan pabrik berwawasan lingkungan dengan konsep green factory akan dilengkapi dengan energy management system, waste management system dan water treatment.

Electrum sendiri menargetkan pabrik ini akan selesai pada pertengahan tahun 2024 dan memulai produksi pada
tahun yang sama.

Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir menyatakan ground breaking ini merupakan bukti kesiapan
Electrum dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik roda dua dalam negeri.

“Pabrik ini akan menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang menyeluruh mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik.”

Pandu menambahkan, Electrum akan fokus pada pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
sekaligus menggandeng industri dalam negeri untuk mendukung infrastruktur.

Termasuk baterai dan suku cadang yang dibutuhkan jadi menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang
berkesinambungan di Indonesia.

Uji coba motor listrik di Jakarta.


Sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta, kami telah menghadirkan berbagai kemajuan serta melihat besarnya antusiasme serta sambutan positif dari mitra pengemudi dan konsumen.

Penggunaan motor listrik membantu mitra pengemudi kami mengurangi biaya operasional, dengan meniadakan biaya bahan bakar dan penggantian oli transmisi.

Dan konsumen juga mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dari kendaraan listrik tersebut.

”Uji coba motor listrik Electrum melalui mitra pengemudi Gojek melalui layanan GoRide Electric, melampaui jarak tempuh sembilan juta kilometer dengan total 500 unit motor listrik yang diuji coba."

Ujar Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo.

Rencana kerja sama.


Electrum Umumkan Rencana Kerja Sama Mendukung Ekosistem Kendaraan Listrik Roda Dua. Pada kesempatan yang sama, Electrum turut mengumumkan rencana kerja sama dengan:

1. Pertamina, melalui anak usaha Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga akan bekerjasama dengan Electrum untuk pengemasan baterai & produksi sel baterai dari Indonesia Battery Corporation.

2. GIIC melalui penandatangan nota kesepahaman pembelian dan penggunaan motor listrik
Electrum secara bertahap sebagai kendaraan operasional di wilayah GIIC.

3. Planet Ban melalui penandatangan nota kesepahaman untuk penempatan Battery Swap Station
(BSS) dan layanan purna jual di ratusan outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta.

 

× Image