Home > Umum

Honda Gandeng Aston Martin di Musim Balap Formula One 2026

Honda dan mitra barunya yaitu Aston Martin F1 Team, memiliki sikap serta tekad yang sama untuk meraih kemenangan, jadi mulai musim 2026.

MOTORESTO.ID. TOKYO -- Honda siap menggandeng Aston Martin. Kedua perusahaan sepakat  bekerjasama serta dukungan teknis dengan tim F1 Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) pada musim 2026 mendatang.

Hal ini sejalan dengan tujuan dari pihak Honda dan juga olahraga balap Formula 1 dimana kedua belah pihak telah berkomitmen hendak mencapai netralitas karbon pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2026 mendatang, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru dimana mesin dan motor elektrik masing-masing akan menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50.

Peran dari komponen Energy Recovery System (ERS) semakin krusial dimana komponen ini akan memberikan tenaga tambahan untuk daya pada mesin.

Selain itu juga penggunaan bahan bakar terbarukan akan mulai diberlakukan.

Netralitas Karbon

“Salah satu alasan utama keputusan Honda untuk mengambil tantangan baru mengenai kelanjutan kami di ajang balap mobil bergengsi ini adalah sejalan dengan tujuan Honda," kata Toshihiro Mibe, President & CEO Honda Motor Co., Ltd. 

Menurutnya, ajang balap F1 juga sedang menuju netralitas karbon, dan hal tersebut akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi Honda. [caption id="attachment_4761" align="aligncenter" width="597"] DOK. HPM[/caption]

Honda merupakan perusahaan yang memiliki sejarah panjang serta pertumbuhan dengan menghadapi tantangan untuk memenangkan balapan kelas dunia.

Dengan peraturan baru di musim 2026 mendatang nanti,  pihaknya akan berusaha membangun perangkat mesin dan motor listrik yang lebih ringkas, ringan.

Memiliki daya tinggi dengan baterai yang memiliki kinerja tinggi yang mampu menangani output daya yang tinggi dan cepat, serta teknologi manajemen energi.

Honda dan mitra barunya yaitu Aston Martin F1 Team, memiliki  tekad yang sama untuk meraih kemenangan. Mulai musim 2026 nanti, akan bekerja sama serta berjuang bersama untuk meraih gelar juara sebagai Aston Martin Aramco Honda.

Lawrence Stroll selaku Executive Chairman Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team  sangat menyambut baik Honda dan juga senang karena  HRC mau bergabung.

"Dengan adanya kemitraan ini, kami akan saling berbagi dorongan, tekad serta ambisi tanpa henti untuk berhasil di jalur yang benar," katanya.

Honda merupakan perusahaan global yang kesuksesannya dalam dunia balap sudah berlangsung lama dan hasilnya sangat mengesankan.

Saya ingin berterima kasih kepada CEO Mibe dan juga Director Watanabe, serta seluruh tim di HRC saat kita memulai masa depan yang menyenangkan ini bersama mulai tahun 2026," katanya. 

× Image