Home > Umum

PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik, Lebih Hemat Biaya Hingga 75 Persen

Dengan menggunakan motor listrik, masyarakat mampu menghemat biaya 75 persen dibanding menggunakan sepeda motor berbasis BBM

MOTORESTO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) kembali tunjukan dukungannya dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Pada gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang akan berlangsung pada 17 hingga 21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran, PLN menampilkan showcase ekosistem kendaraan listrik ini.

Beralih ke motor dan mobil listrik punya keuntungan berlipat dari sisi ekonomi.

Perbandingannya cukup jauh, dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp1.699 per kilowatt hour( kWh), hanya diperlukan sekitar Rp2.500 untuk sepeda motor listrik menempuh jarak 50 kilometer (km) dan 10 km untuk mobil listrik.

Sedangkan, jika dibandingkan menggunakan BBM harus menghabiskan sekitar Rp14 ribu untuk menempuh jarak yang sama.

"Dengan menggunakan motor listrik, masyarakat lebih hemat biaya 75 persen dibanding menggunakan sepeda motor berbasis BBM," ujar Darmawan, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo

Ia juga menambahkan, dengan menggunakan kendaraan listrik juga memiliki kelebihan dari segi perawatan.

Lebih lanjut Darmawan meyakinkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia kini telah semakin kuat.

Dari sektor hulu, melalui Indonesia Battery Corporation (IBC), Kementerian BUMN telah mendorong terciptanya industri baterai dalam negeri.

Oleh sebab itu, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk berkunjung langsung dalam PEVS 2023 dan merasakan bagaimana ekosistem kendaraan ramah lingkungan ini telah siap diterapkan di Indonesia.

× Image