Dari Ajang Seperti Ini Toyota Kembangkan Produk Bagi Pelanggannya
MOTORESTO.ID,JAKARTA -- Ajang balap kerap menjadi tempat menjanjikan yang bergengsi bagi pabrikan otomotif untuk membuktikan ketangguhan produknya kepada publik. Selain sebagai sarana pengembangan produk di masa mendatang.
Hal itu dilakukan TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di seri pembuka balap GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023 di Chang International Circuit Thailand, 12-14 Mei 2023. Tim pembalap TGRI, Haridarma Manoppo bersama pembalap Jepang Nonaka Seit menggunakan sports car Toyota GR Supra GT4 yang sudah dimodifikasi sesuai regulasi balap endurance kelas GT4. "TGRI telah memberi kesempatan ke saya untuk tampil di GT World Challenge Asia (GTWCA) 2023 dan ini saya manfaatkan untuk belajar lebih banyak lagi," kata Haridarma Manoppo.
Balapan kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara. Dengan begitu, semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit sehingga kans semua tim untuk meraih gelar juara menjadi sama. Secara garis besar, balap GT4 diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.
Tahun ini, TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi race GT4 yang sebenarnya, dan melakukan serangkaian adjustment demi catatan waktu yang semakin baik tiap putarannya. Selain itu, Kerjasama antar tim juga diuji demi menghasilkan support system yang optimal bagi pembalap yang berlaga.
Selain Thailand, rencananya TGRI juga akan mengikuti beberapa seri lagi sebagai bagian dari rencana untuk memperkaya pengalaman tim dan mendapatkan input berharga dari ajang balap baru. Pembelajaran yang diambil tahun ini harapannya mampu meningkatkan daya saing TGRI to the next level di berbagai ajang balapan nasional maupun regional.
Partisipasi TGRI di berbagai ajang motorsport nasional dan regional merupakan bagian dari aktualisasi komitmen brand GAZOO Racing di Indonesia, yaitu untuk menghadirkan Joy of GR kepada semua orang supaya excitement dari GAZOO Racing dapat dinikmati berbagai kalangan masyarakat.
"Toyota juga menggunakan data dan pengalaman penting dari sirkuit balap dalam pengembangan model-model baru yang mengadopsi teknologi canggih Toyota agar sesuai dengan kebutuhan dan lifestyle pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima dalam keterangan tertulisnya.